1. VEMALE
  2. /
  3. KEUANGAN

5 Tips Keuangan Menjelang Ramadan 2018

Jum'at, 13 April 2018 10:30 Penulis: Ayu Puji Lestari
Ramadan 2018/copyright pixabay

Vemale.com - Bulan Ramadan 2018 sebentar lagi datang. Umat Islam di seluruh dunia pun menyambut dengan bahagia. Beberapa pusat perbelanjaan pun auranya pun sudah terasa. Aneka sirup, biskuit, dan kurma banyak dipajang di etalase paling depan. Hmm, setuju jika Ramadan sudah dekat?

Saat Ramadan kebutuhan semakin meningkat, diiringi dengan harga kebutuhan pokok yang semakin tinggi. Lalu, bagaimana untuk menyiasatinya? Yuk, simak tips untuk mengatur keuangan menjelang Ramadan 2018 dari vemale di bawah ini.

1. Utamakan Kebutuhan Bukan Keinginan

Selama bulan puasa, yang terjadi adalah perubahan pola konsumsi. Yang biasanya tiga kali sehari menjadi dua kali sehari. Hmm, tapi biaya yang dikeluarkan semakin mahal? Namun, tradisi kemunculan hidangan khas Ramadan membuat nilai belanja keluarga malah membengkak. Agar kondisi kantong kamu tetap terkendali, fokuslah hanya pada kebutuhan yang utama.

2. Saatnya Merencanakan Menu Selama Satu Bulan

Buat daftar menu untuk keluarga. Membuat rencana menu Ramadan selama satu bulan bisa membantu kamu menyeleksi mana saja barang yang memang kamu butuhkan dan mana yang kurang dibutuhkan.

Kamu dapat mencotek resep buka puasa dari vemale di sini.

3. Belanja Lebih Awal

Ladies, harga kebutuhan saat ramadan biasanya lebih mahal dibanding bulan biasa. Maka pastikan kamu belanja lebih awal. Persiapkan segala kebutuhan kamu. Dalam berbelanja, kamu tidak perlu menimbun barang berlebihan. Belilah sesuai kebutuhan dan perencanaan serta hitungan.

4. Kontrol Perilaku Konsumtif

Pengeluaran selama ramadan biasanya membengkak, hal ini dikarenakan perilaku konsumtif kamu. Fenomena ini memang terkesan lucu. Pada bulan ketika seharusnya kamu menahan hawa nafsu, konsumsi terhadap makanan, minuman ataupun barang justru meningkat.

Tahan diri untuk lebih memilih undangan dan ajakan berbuka bersama yang memang penting saja agar tak selalu menuruti ajakan tersebut demi melatih diri berhemat saat Ramadan.

5. Cicil Kebutuhan Lebaran

Seperti yang kita ketahui, lebaran setiap tahunnya menjadi puncak konsumsi masyarakat. Agar lebih hemat, kamu dapat mulai belanja kebutuhan lebaran seperti baju atau kebutuhan bingkisan lebaran. Ssst, pertimbangkan kemampuan kamu juga ya.

Ladies, demikian 5 tips keuangan untuk menyambut Ramadan 2018 yang sudah di depan mata. Jadi, apa saja yang sudah kamu persiapkan untuk menyambut Ramadan kali ini? Share yuk di kolom komentar.

(vem/apl)
KOMENTAR PEMBACA
Video Skrin.id : 7 Kebaikan Puasa Bagi Tubuh