Sukses

Lifestyle

Jangan Salah Langkah, Berikut Tips Membeli Rumah Pertama Kamu

Setiap orang tentu setuju jika membeli rumah adalah prioritas yang wajib didahulukan. Namun sayangnya, harga rumah yang semakin mahal membuat impian memiliki rumah sendiri menjadi hal yang mewah untuk diwujudkan. Alasan mendasar salah satunya karena mereka tak memiliki cukup dana untuk membeli rumah. Apalagi harga rumah setiap tahun semakin bertambah tinggi, dan pertumbuhannya lebih cepat daripada pertumbuhan gaji.

Baca Juga: Memanfaatkan BPJS Ketenagakerjaan untuk Membeli Rumah, Memang Bisa?

Nah, jika kamu ingin membeli rumah sendiri dalam waktu dekat tidak ada salahnya membaca tips membeli rumah pertama kamu. Sst, penting agar rumah yang kamu beli nantinya tidak merusak cash flow kamu. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Periksa Kemampuan Keuangan Kamu

Yang mengerti seberapa besar kemampuan kamu dalam mengatur keuangan adalah diri kamu sendiri. Jadi pastikan kamu memahami jumlah kebutuhan kamu. Mulai dengan rutin menuliskan penerimaan dan pengeluaranmu, dan yang terpenting belajar untuk mengurangi pengeluaran yang tidak penting seperti ngopi atau nonton di bioskop. Hal ini dapat menghemat pengeluaran kamu dan dana yang digunakan dapat kamu manfaatkan sebagai tabungan.

2. Anggarkan Harga Rumah yang Ingin Kamu Miliki

Membuat anggaran yang jelas/Copyright Shutterstock

Pastikan kamu memiliki nilai pasti berapa anggaran yang kamu butuhkan untuk membeli rumah. Biasakan untuk menghemat dalam jangka panjang adalah dengan mengurangi jumlah yang sama dengan perkiraan pembayaran pinjaman rumah kamu.

3. Realistis

Saat keinginan kamu semakin tinggi wajar jika kamu merasa tidak realistis dan memaksakan kehendak. So, yang pertama kali kamu lakukan adalah cobalah untuk berpikir realistis. Ingatlah bahwa mungkin ada biaya lainnya di awal, seperti asuransi, iuran berbunga dan biasanya untuk kredit kepemilikan rumah dari bank.

4. Mempertimbangkan Pinjaman dari Orangtua

Pinjaman dari orangtua saat akan membeli rumah tidak ada salahnya kamu pertimbangkan. Hal ini penting karena akan menjadi pinjaman lunak buat kamu. Yang perlu kamu perhatikan adalah, kamu dan orangtua sepakat dan jangan lupa membuat perjanjian secara tertulis.

5. Jika Memilih KPR Pastikan Kamu Memahami Syarat dan Ketentuannya

Teliti semua syarat dan ketentuan sebelum setuju dengan pengajuan KPR kamu. Bandingkan dengan kemampuan kamu, berapa jumlah biaya, angsuran dan bunga yang harus dibayarkan. Jangan sampai hal ini justru menghambat kamu di masa depan.

Ladies, demikian 5 hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memutuskan membeli rumah pertama. Jadi, sudah yakin untuk membeli rumah?

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading