1. VEMALE
  2. /
  3. KEUANGAN

Yakin Uang Tidak Bisa 'Membeli' Kebahagiaan? Ini Faktanya!

Selasa, 27 Februari 2018 19:45 Penulis: Dewi Ratna
iStockphoto

Vemale.com - Ada banyak ungkapan bahwa uang tidak akan bisa membeli kebahagiaan. Ada nggak ladies and moms di sini yang setuju dengan pernyataan tersebut? Bisa saja kamu salah. Well, gimana kalau ternyata uang bisa dipakai untuk mendatangkan kebahagiaan?

Dilansir dari yourtango.com, Jumat (23/2/2018), menurut ilmu pengetahuan, uang untuk membeli kebahagiaan berlaku sampai batas tertentu. Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Purdue, ada jumlah pendapatan ideal di mana seseorang akan senang dengan uang yang mereka hasilkan.

Jumlah ini didasarkan pada dua faktor, yaitu evaluasi hidup dan kesejahteraan emosional. Evaluasi hidup adalah tentang kepuasan diri sendiri terhadap hidup dan tujuannya, sehingga titik pendapatan uang sempurnanya ada pada angka 95.000 dolar AS.

Sedangkan kesejahteraan emosional didasarkan pada emosi dan perasaan yang dialami sehari-hari, sehingga titik pendapatan sempurnanya ada pada titik 60.000 sampai 75.000 dolar AS. Penelitian ini juga menemukan satu hal mengejutkan, yaitu memiliki semakin banyak uang justru akan menimbulkan efek negatif pada kehidupan.

Ketika kamu telah mendapatkan pendapatan di batas tersebut, kenaikan yang terjadi justru cenderung mengurangi kepuasan dan kesejahteraan. Hal ini disebabkan karena kebutuhan dasar telah terpenuhi, sehingga uang memiliki makna yang berbeda, dan lebih meterialistik.

Pada titik ini, uang cenderung digunakan untuk kepentingan sosial, yaitu memamerkan kekayaan yang dimiliki. Hal ini justru akan menurunkan tingkat kesejahteraan diri sendiri, berapapun jumlah uang yang dimiliki.

Sumber: Liputan6.com

(vem/dew)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Liputan6.com
Melewati Batas, Meraih Mimpi - Jonathan Cristie