Sukses

Lifestyle

4 Cara Mengatur Gaji agar Bisa Menabung Meskipun Gaji Pas-pasan

Hemat pangkal kaya, rajin menabung tenang di masa depan. Sayangnya tidak semua orang dapat menabung dengan baik dan rutin. Seringkali saat menerima gaji lebih tergoda untuk membelanjakan uang gaji alih-alih menabungnya. Padahal menabung sangat penting agar keuangan kamu di masa depan dapat terjamin dengan baik.

Merencanakan keuangan akan membuat masa depanmu lebih baik. Selain itu juga membuatmu tidak perlu mengkhawatirkan hal-hal yang tidak penting. Segala hal bisa kamu jamin dengan tabunganmu. Baik kesehatan maupun biaya hidup saat masuk usia pensiun.

Sahabat Fimela, jika kamu sering merasa gagal menabung gaji karena lebih tergoda untuk menghabiskannya tidak perlu panik. Tenang kamu tidak sendiri. Tips dari Fimela ini akan membantumu.

 

Tentukan Skala Prioritas Kamu

Saat akan menerima gaji, buat skala prioritasmu. Kebutuhan apa yang harus segera kamu penuhi dan apa saja kebutuhan yang dapat kamu tunda. Jangan menunda atau mengabaikan kebutuhan kamu. Sst, dan yang terpenting jadikan menabung sebagian uang gaji adalah kebutuhan.

 

Beli Kebutuhan Bukan Keinginan

Sering kamu terjebak dengan keinginan bukan kebutuhan. Untuk itu pastikan kamu membedakan apa kebutuhan dan mana yang sekadar keinginan. Penuhi kebutuhanmu baru kemudian keinginanmu. Jangan memaksakan semua keinginan harus terpenuhi.

Selalu ingat gaji yang kamu terima tidak akan dapat memenuhi semua keinginan kamu namun dapat memenuhi kebutuhanmu.

 

Jauhi Kartu Kredit

Godaan diskon yang diberikan Bank untuk pemakaian kartu kredit sering kali menggoda. Sebaiknya hindari penggunaan kartu kredit jika kamu belum sanggup untuk menggunakannya secara bijak. ALih-alih menggunakan kartu kredit sebaiknya gunakan kau debit untuk pembayaran barang yang kamu butuhkan.

 

Jangan Lupa Membuat Catatan

Mencatat setiap pengeluaran memang terkesan sepele namun penting untuk menjaga keuanganmu tetap stabil. Selalu catat penerimaan dan pengeluaran kamu, hal ini berfungsi untuk menganalisa pengeluaran apa saja yang sudah kamu buat sehingga barang yang kamu beli memang benar kamu butuhkan.

Sahabat Fimela, demikian 4 hal yang perlu kamu perhatikan agar dapat menabung gaji yang kamu terima. Bagaimana menurutmu? Atau ada tips yang lain? Share yuk.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading