KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KEUANGAN

Tips Cerdas Merdeka dari Utang, Perhatikan 5 Hal Ini

Selasa, 06 Februari 2018 14:00 Penulis: Ayu Puji Lestari
Masalah Utang/Copyright Shutterstock

Vemale.com - Pernah merasakan tidak bebas karena didera utang yang tidak kunjung selesai? Wajar kok, namanya juga kewajiban dan kamu ada tanggung jawab untuk menyelesaikannya. Tidak perlu baper, kamu tidak sendirian dalam menghadapi masalah ini. Banyak orang yang merasa hidupnya terkekang karena utang. Tentu kamu ingin terbebas dan merdeka dengan masalah ini bukan?

Nah, agar segera merdeka dari utang yuk simak langkah agar merdeka dengan segera. Simak penjelasannya di bawah ini.

Cek Cara Kamu Mengolah Gaji

Kamu tentu dekat dengan istilah jika besarnya angsuran setiap bulan sebaiknya tidak lebih dari 30% dari gaji. Well, jika ternyata kamu masih bisa atau bahkan lebih dari porsi dalam membayar cicilan tidak ada salahnya jika kamu melebihkan angsuran. Caranya? Coba berhemat dengan pengeluaran lainnya. Mengorbankan tidak nonton di bioskop untuk beberapa bulan tidak ada salahnya kamu lakukan kan?

Mencari Uang Tambahan

Mencoba mencari uang tambahan/copyright pexels.com

Ada petuah yang menyebutkan jika kamu ingin pengeluaranmu bertambah ada dua cara untuk memenuhinya, mengurangi jumlah pengeluaran atau menambah penghasilanmu. Tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk mencari pekerjaan tambahan. Pastikan porsinya seimbang sehingga tidak mengganggu pekerjaan utamamu.

Sesuaikan Gaya Hidup dengan Kemampuan

Jangan memaksakan diri untuk tampil mewah sedangkan kamu tidak sanggup untuk melakukannya. Sesuaikan gaya hidup kamu dengan panghasilanmu. Selalu ingat gengsi tidak akan membuat kamu sukses. Hidup dengan gengsi? Sebaiknya pikirkan hal ini. Biarkan orang lain menilaimu karena hatimu bukan apa yang kamu pakai.

Mempertimbangkan untuk Mengurangi Asset

Kamu mungkin memiliki tabungan emas, deposito, reksadana dan asset lainnya. Pernah mencoba untuk membandingkan pertumbuhannya dengan besarnya utang yang kamu miliki? Jika memang tidak seimbang, tidak ada salahnya kamu mempertimbangkan untuk mengurangi asset untuk melunasi sebagian utang kamu.

Pikirkan dengan tenang dan perhitungkan untung dan ruginya.

Bangun Komitmen untuk Membayar Semua Utang

Pastikan kamu berkomitmen untuk membayar semua utang kamu. Jika kamu berutang pada perorangan jangan segan untuk membicarakan komitmen kamu dengannya. Well, hal ini penting untuk membangun kredibilitas kamu sebagai penerima utang.

Bagaimana ladies, tertarik untuk mencoba? Semoga informasi ini bermanfaat buatmu. Selamat memerdekakan diri dari utang.

(vem/apl)
KOMENTAR PEMBACA
Video Skrin.id : 3 Zodiak yang Paling Baik Hati
01:15