KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KEUANGAN

Mengatur Keuangan dengan Benar, Perhatikan Urutan Pengeluarannya

Sabtu, 03 Februari 2018 14:00 Penulis: Ayu Puji Lestari
Masalah keuangan/copyright pexels.com

Vemale.com - Mumpung masih awal bulan tidak ada salahnya mencoba memperhatikan cara kamu mengolah gaji yang kamu terima. Sudahkah seluruh pengeluarannya kamu atur dengan sebaik mungkin? Urutan pengeluaran setiap bulannya harus jelas jangan sampai besar pasak daripada tiang dan justru menghambat pertumbuhan keuangan kamu.

Ladies, berikut ini adalah cara mengatur keuangan dengan benar dan pastikan urutan pengeluarannya sudah sesuai. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Besarnya Angsuran Maksimal 30% dari Gaji

30% adalah batas maksimal. Jadi sebelum memutuskan menambah hutang pastikan besarnya angsuran tidak melebihi 30% dari angka gaji kamu. Setelah menerima gaji pastikan kamu segera membayar semua angsuran.

Pengeluaran Rutin 40-60% dari Gaji

Pengeluaran rutin/Copyright Shutterstock

Pengeluaran rutin seperti makan, belanja bulanan, transportasi, listrik dan pulsa termasuk dengan pengeluaran rutin. Usahakan besarnya cukup antara 40-60% dari gaji yang kamu terima.

Investasi 10-30% dari Gaji

Siapkan 10-30% dari gaji untuk dana investasi dan tabungan. Well, tabungan dan investasi dibuat bukan dari sisa uang gaji. Maka setelah menerima gaji pastikan kamu menyisihkan gajimu sebesar 10-30%.

Keperluan Pribadi 20%

Keperluan ini bisa untuk keperluan fashion, hang out, nonton dan liburan. Well, setelah bekerja keras tentu kamu ingin bersenang-senang bukan. Maka 20% dari gaji kamu cukup sebagai penyemangat kerja.

Kegiatan Sosial 2.5% dari Gaji

Pastikan setiap kali menerima gaji kamu menyisihkan 2.5% dari dana gaji kamu untuk kegiatan sosial. Selain bikin happy, tentu menyenangkan orang lain akan menambahkan kebaikan padamu bukan? Sst, memberi tidak akan membuat kamu kekurangan.

Bagaimana mudah bukan? Yang perlu kamu pahami angka di atas adalah angka maksimal jadi ukur kembali kemampuan kamu sebelum memutuskannya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

(vem/apl)
KOMENTAR PEMBACA
Video Skrin.id : Yowis Ben - Bayu Skak Tanggapi Kritikan Yowis Ben (Part 2)
05:11