1. VEMALE
  2. /
  3. KEUANGAN

Tips Menabung Saham, Pahami dan Ketahui Hal Ini

Selasa, 30 Januari 2018 09:00 Penulis: Ayu Puji Lestari
Menabung Saham/copyright pexels.com

Vemale.com - Mengingat inflasi setiap tahunnya menabung saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan kamu di masa depan. Well, semakin tinggi inflasi maka kemungkinan gajimu tidak akan bisa memenuhi kebutuhan kamu. Serem ya? Nah, daripada stres memikirkan kebutuhan yang setiap harinya semakin meningkat bagaimana jika kamu mencoba untuk berinvestasi?

Investasi menjadi sangat penting untuk memenuhi kebutuhan kamu. Nah, salah satu jenis investasi yang banyak diminati akhir-akhir ini adalah saham. Hmm, tapi bagaimana caranya membeli saham? Berisiko tidak? Apakah tidak akan rumit? Nah, untuk menjawab pertanyaan kamu simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Untungnya Menabung Saham?

Keuntungan yang dapat kamu peroleh dari menabung saham/copyright pexels.com

Banyak yang menganggap menabung saham butuh uang yang banyak. Well, modal untuk menabung saham tidak banyak bahkan dengan uang 100 ribu kamu dapat membeli saham. Jika kamu ingin melakukan transaksi saham, kamu dapat menggunakan aplikasi di handphone kamu, sst...handphone kamu akan lebih bermanfaat bukan? Dan yang perlu kamu ingat, menabung saham adalah keuntungan jangka panjang, kamu dapat menikmati keuntungan kenaikan harga saham dan mendapatkan deviden setiap tahunnya.

Bagaimana Cara Menabung Saham?

Cara membeli saham sangat mudah, seperti kamu membuka tabungan di bank. Syarat yang diperlukan pun mudah dipenuhi. Nah, berikut ini adalah syarat yang diperlukan untuk menabung saham:

  1. Kunjungi perusahaan sekuritas, kamu dapat melihat detailnya di www.idx.co.id
  2. Isi form pembukaan rekening yang disiapkan oleh perusahaan sekuritas.
  3. Siapkan dokumen berupa KTP,NPWP dan halaman depan buku tabungan kamu.
  4. Tunggu email dari perusahaan sekuritas yang berisikan nomor rekening dana nasabah atas nama kamu pribadi.
  5. Transfer sejumlah dana ke nomor rekening tersebut, yang perlu kamu pahami setiap perusahaan sekuritas memiliki ketentuan yang berbeda mengenai jumlah setorannya.
  6. Kamu akan menerima email lagi yang berisikan username, password dan PIN
  7. Download aplikasi dan platform online trading, untuk memudahkan kamu dalam mengolah tabungan sahammu.

Nah, mudah bukan? Yang terpenting niatkan untuk jangka panjang dan gunakan konsep beli lalu lupakan, karena jumlah saham yang kamu beli jumlahnya tidak banyak maka membeli lalu melupakannya adalah cara yang efektif. Percayakan tabungan kamu pada perusahaan sekuritas. Jika kamu adalah pemula dan tabungan saham kamu masih sedikit hindari trading, karena untuk trading diperlukan trik dan skill yang baik.

Bagaimana sudah yakin ingin menabung saham? Selamat berinvestasi.

(vem/apl)
KOMENTAR PEMBACA
Ramadan Datang, Ketahui 9 Waktu Mustajab Untuk Berdoa