1. VEMALE
  2. /
  3. KEUANGAN

Relakan Barang Lamamu dan Dapatkan Banyak Keuntungan dengan Cara Ini

Kamis, 14 Desember 2017 15:45 Penulis: Anisha Saktian Putri
Jangan tumpuk barang bekas, yuk jual agar dapat keuntungan/copyright: thinkstockphotos.com

Vemale.com - Ladies tahukah kamu jika barang bekas seperti barang fashion yang sudah tak terpakai atau alat make up yang salah kamu beli bisa dijual kembali lho. Tren ini pun semakin meningkat, fakta global mengungkapkan per November 2017, platform penjualan barang bekas, Carousell berhasil menjual barang tidak terpakai mencapai 100 juta listing barang dan 38 juta barang telah berhasil terjual.

Menurut Marcus Tan, Carousell Co-Founder dan President Carousell angka ini meningkat 81% dari kuartal yang sama tahun lalu. Di Indonesia, ada 8,8 juta listing barang dan 2,1 juta barang telah terjual per November 2017. Selain itu, rata-rata ada 100 barang yang terdaftar setiap menitnya

“Tiga kategori terpopuler di Indonesia adalah Preloved Fashion Pria dan Wanita, Kesehatan dan Kecantikan, serta Elektronik dan Gawai, Kategori Parents, Baby and Kids merupakan kategori yang tumbuh pesat,” ujarnya saat ditemui di Jakarta.

Olivia Lautner, Indonesia Associate Country Manager menerangkan, saat ini ada 555.000 listing dan angka ini meningkat 5 kali lipat dari kuartal yang sama tahun lalu.

Copyright: Vemale.com


Nah, Ladies meski demikian, melepaskan barang-barang kesayangan tidak semudah yang kita pikirkan. Jika masih sering bimbang, Olivia mengatakan kamu bisa memulainya dengan cara yang paling mudah yaitu dengan merapikan barang-barang yang tidak terpakai di rumah.

Yuk intip beberapa langkah untuk merelakan barang lama:

  1. Mulai dari mana saja. Mulai dari satu area yang paling sering kamu gunakan, seperti kamar, dapur, atau ruang tamu.
  2. Sortir barang-barang berdasarkan panduan pertanyaan berikut: “Kapan terakhir kamu gunakan barang ini? Bisakah hidup tanpa barang ini?”. Membagi barang-barang tersebut dalam beberapa kategori, seperti barang yang dipakai, dijual, didonasikan, atau didaur ulang, juga dapat membantu kamu dalam proses ini.
  3. Tunda untuk membeli barang baru sampai kamu telah menyortir barang-barang, lalu buatlah daftar barang yang dibutuhkan. Kamu dapat membuat anggaran alternatif untuk barang yang dibutuhkan di pasar preloved.
  4. Berkomitmenlah dari awal hingga akhir. Jadwalkan waktu untuk memantau seluruh rencana kamu dari awal hingga akhir. Berikan barang-barang untuk didonasikan kepada teman-teman atau tetangga terdekat. Dapatkan uang tambahan dengan menjual barang-barang lama di pasar preloved. Setelah mengikuti langkah-langkah ini, nikmati isi rumah yang lebih lega (dan uang tambahan), serta dapatkan pengalaman seru yang baru!


Tahukah kamu bahwa ternyata barang tidak terpakai ini memiliki nilai uang cukup tinggi. Olivia mengatakan lebih dari 60% masyarakat Indonesia merasa menumpuk barang tidak terpakai senilai hingga Rp5 Juta, sementara 16% berpikir bahwa mereka menumpuk barang senilai lebih dari Rp10 Juta.

“Kisaran nilai tumpukan barang tidak terpakai pada kategori preloved tua & anak-anak berada di antara Rp500.000 - 3.000.000, sementara pada kategori
dan barang elektronik berada pada Rp1.000.000 - 5.000.000,” tutupnya.

Nah Ladies, coba cek lemarimu apakah ada yang barang tidak terpakai? Jika ada, tunggu apa lagi, yuk segera relakan untuk meraup keuntungan.

(vem/asp/ivy)
KOMENTAR PEMBACA
Punya Single Baru, Ini Cara Marion Jola Atasi Star Syndrome