KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KEUANGAN

Gampang Kehabisan Uang, 3 Kesalahan Ini Sering Banget Dilakukan Anak Muda!

Rabu, 29 November 2017 13:15 Penulis: Febi Anindyakirana
Kesalahan keuangan/copyright Pexels.com

Vemale.com - Ketika berhubungan dengan pengaturan keuangan, setiap orang punya cara yang berbeda-beda. Tapi biasanya anak muda punya pola tertentu yang bisa dilihat sehingga membuat mereka seringkali punya masalah keuangan. Biasanya, anak muda tidak begitu pintar mengatur keuangan.

Hal ini diungkapkan Alexa von Tobel, CEO dan penemu LearnVest, bahwa anak muda generasi milenia masa kini harusnya belajar mengatur keuangan dengan bijak. "Jika kamu tak pernah memulai, maka akan sulit melakukannya. Sekali kamu belajar dasarnya, sebenarnya ini tak begitu sulit."

Alexa von Tobel mengungkapkan bahwa ada tiga kesalahan umum yang sering dilakukan generasi masa kini.

Kesalahan mengatur uang yang sering dilakukan anak muda/copyright Pexels.com



1. Menghabiskan terlalu banyak uang untuk sewa kamar/kos. Banyak anak muda memilih kos atau sewa kamar yang mahal, lebih dari 30% dari penghasilan mereka. Lebih baik pilih kos yang murah namun cukup nyaman dibanding yang mahal tapi menghabiskan gaji.

2. Tidak cukup menabung. Jangan hanya karena kamu sudah berpenghasilan saat ini kemudian membuatmu merasa bisa beli apa saja. Akan lebih baik jika memikirkan untuk menabung sebagian besar gaji yang kamu dapat, kalau tidak memungkinkan sebagian besar, menabunglah paling tidak 20% dari penghasilan bulanan.

3. Mengikuti gaya hidup tanpa melihat dompet. Banyak tren yang saat ini disukai generasi muda, entah itu beli baju branded, traveling dan makan di kafe. Semua itu butuh budget, dan jika tidak bijak mengatur keuangan, penghasilan akan habis begitu saja untuk memenuhi gaya hidup.

Anak muda bekerja zaman sekarang perlu memiliki mindset 'nyaman di hari tua'. Coba pikirkan untuk menyimpan uang lebih banyak untuk kenyamanan masa depan saat sudah tak bisa bekerja. Terapkan aturan 50,20,30 untuk keuanganmu dengan arti 50% keperluan sehari-hari, 20% tabungan dan 30% hiburan.

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA