KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KEUANGAN

Tips Cerdas Mengajarkan Keuangan Pada Anak

Selasa, 21 November 2017 10:30 Penulis: Ayu Puji Lestari
Keuangan/Copyright Shutterstock

Vemale.com - Masalah keuangan tidak hanya sensitif bagi orang tua tetapi juga pada anak. Namun, sesulit apapun membicarakan masalah keuangan kepada anak sangat penting. Agar mom tetap merasa nyaman, posisikan mom dengan anak setara apalagi saat mengobrol bersama anak yang sudah mulai remaja.

Membicarakan masalah keuangan bersama anak akan membantu orang tua dari anggapan otoriter dari anak. Hanya bisa mendikte tanpa memberikan solusi yang baik kepada anak-anak. Well, anak lebih mudah meniru dan lebih mudah menerima saat diajak diskusi. Bukan memaksa mereka untuk menuruti semua perkataan mom.

Baca Juga: Tahap Pengenalan Masalah Keuangan Pada Anak, Penting Loh Mom!

Mom, berikut tips cerdas untuk mengajarkan masalah keuangan bersama anak. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Bicarakan masalah keuangan dengan anak. Jangan membuat pembenaran, bahwa membicarakan keuangan bersama anak adalah kesalahan dan hal yang tabu. Terbuka masalah keuangan terhadap anak akan membuat segalanya menjadi lebih baik.
  2. Ajarkan untuk membelanjakan uang yang dimiliki dengan bijak. Belajar utnuk memilih barang yang terbaik dengan harga yang sesuai dengan kemampuannya. Jangan membiasakan untuk membeli barang yang tidak sesuai dengan kemampuannya.
  3. Buat cara belajar tentang keuangan menjadi hal yang menyenangkan. Mom, bisa memilih permainan monopoli sebagai media pembelajaran yang menyenangkan.
  4. Ajarkan manfaat menabung dengan mengajak anak terlibat menabung untuk jalan-jalan bersama keluarga. Hal ini akan memotivasi mereka dan tentu saja, hal ini akan membuat mereka merasa dilibatkan.
  5. Terbuka masalah keuangan kepada anak akan membantu mereka lebih bijak dalam mengatur keuangannya di masa depan. Diskusikan tentang kesalahan terjadi, dan tunjukkan bagaimana mom mengatasinya.

Well, mom demikian 5 tips untuk mengajarkan masalah keuangan kepada anak. Semoga bermanfaat ya.

(vem/apl)
KOMENTAR PEMBACA