KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KEUANGAN

Tahap Pengenalan Masalah Keuangan Pada Anak, Penting Loh Mom!

Senin, 20 November 2017 14:00 Penulis: Ayu Puji Lestari
Masalah keuangan/Copyright Shutterstock

Vemale.com - Sebagai orang tua, tentu ingin memberikan yang terbaik bagi anaknya. Salah satu hal penting tersebut adalah mengenalkan masalah keuangan pada anak. Well, ternyata mengenalkan masalah keuangan pada anak memiliki tahapan yang berbeda setiap umurnya. Di umur yang berbeda setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda dalam memahami satu hal termasuk tentang keuangan.

Mom, berikut ini adalah tahap pengenalan masalah keuangan di tiap tahapan umur. Here we go!

Umur 3- 6 Tahun

Pada umur ini ajarkan anak untuk mengenal konsep menabung. Jelaskan jika si anak tidak membelanjakan uangnya, maka ia akan dapat membeli barang yang ia inginkan di masa depan.

Mulai dengan mengajaknya untuk menyisihkan uangnya untuk menabung. Memberi dua amplop yang masing-masing digunakan sebagai tabungannya. Bedakan tabungan jangka pendek dan jangka panjang. Minta ia untuk menulis atau menggambar keinginannya di amplop tersebut. Hal ini akan membantu si kecil termotivasi dalam menabung.

Umur 5-8 Tahun

Saat anak berumur 5 sampai 8 tahun, jelaskan cara mendapatkan uang. Jelaskan pekerjaan orang tua, bagaimana mom mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhannya. Hal ini akan membantu anak utnuk lebih menghargai uang. Ia akan lebih bijak dalam membelanjakan uang yang ia miliki.

Umur 6-10 Tahun

Mulai ajarkan anak tentang konsep bijak dalam membelanjakan uang. Mulai ajak anak diskusi tentang harga satu barang. Beli pilihan pada anak untuk memilih kualitas dan harga barang. Hal ini penting untuk membantu anak bijak dalam belanja, sehingga ia dapat lebih menghargai barang yang akan dibeli.

Selain itu, pada tahapan ini anak akan lebih mengerti kemampuannya dan tidak memaksakan keinginan.

Tahapan masalah keuangan pada anak/Copyright Shutterstock

Umur 7-11 Tahun

Saat anak umur 7 sampai 11 tahun adalah waktu yang tepat untuk mengajarkan tentang konsep kemungkinan biaya yang terjadi di luar rencana. Jelaskan jika si kecil harus membuat pilihan saat membeli satu barang berdasarkan uang yang dimiliki.

Umur 11-13 Tahun

Di umur ini diharapkan anak sudah mulai belajar dalam mengatur keuangan. Bagaimana mengatur keuangan dengan bijak. Mom juga dapat mengajak diskusi anak untuk membuat pilihan dalam mengatur keuangannya.

Umur 13-15 Tahun

Ajarkan anak tentang konsep investasi. Ajarkan ia tentang mengolah keuangannya untuk sesuatu yang berharga dan dapat dimanfaatkan di masa depan, misalnya sekolah. Memberikan pengertian tentang pentingnya sekolah dan belajar demi masa depannya. Dengan belajar yang benar sebagai bagian investasinya di masa yang akan datang.

Mom demikian tahapan pengenalan masalah keuangan pada anak. Menjelaskan konsep keuangan di umur yang tepat akan membantu ia dlaam mencapai masa depan yang gemilang. Semoga bermanfaat.

(vem/apl)
KOMENTAR PEMBACA