Sukses

Lifestyle

3 Investasi yang Dapat Kamu Gunakan Sebagai Tabungan Dana Darurat

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang, maka mempersiapkan segalanya sejak awal penting kamu lakukan. Misalnya, dengan mempersiapkan dana cadangan sedini mungkin. Dana ini berfungsi untuk memenuhi kebutuhan mendadak dan tidak terduga. Misalnya saat kamu tiba-tiba di PHK, sakit dan butuh biaya yang besar serta asuransi tidak dapat menanggungnya.

Besarnya dana cadangan ini pun disesuaikan dengan umur serta status kamu. Jika kamu masih single, persiapkan dana cadangan minimal 2 kali gaji. Jika kamu sudah berkeluarga minimal 4 kali gaji. Nah, biasanya dana cadangan ini disimpan dalam bentuk investasi. Pilih investasi yang dananya dapat dengan mudah dicairkan. Apa saja itu? Simak penjelasannya di bawah ini.

Tabungan Konvensional

Simpan dana darurat di tabungan konvensional. Mengapa ini menjadi pilihan utama, karena tabungan konvensional mudah dicairkan. Kamu pun dapat menemukannya dengan mudah. Hanya yang menjadi pertimbangan, pilih tabungan konvensional dengan fasilitas yang minim. Hal ini untuk membantu kamu agar tidak tergoda untuk menggunakannya.

Diperlukan kedisiplinan agar kamu tidak tergoda untuk menggunakannya sebagai dana konsumsi atau hiburan.

Logam Mulia

Memilih investasi yang tepat/Copyright Shutterstock

Pilihan investasi selanjutnya adalah logam mulia. Soalnya, produk ini bisa memberikan imbal hasil yang lebih tinggi dari inflasi, yaitu 10%. Kamu dapat membelinya melalui ANTAM, Bank atau penggadaian. Return untuk logam mulia ini pun lumayan tinggi dengan risiko yang rendah.

Tabungan Berjangka

Jenis investasi ini termasuk aman. Kamu dapat menentukan pilihan waktunya. Meskipun dicairkan sebelum waktunya, dendanya juga tidak terlalu tinggi namun return setiap bulannya lebih tinggi dibanding tabungan konvensional. Untuk menyiasati, bagi beberapa uang kamu pada beberapa rekening tabungan berjangka sehingga saat kamu membutuhkan tidak perlu mencairkan semua dana tabungan kamu.

Bagaimana menurut kamu? Kalau kamu suka memilih yang mana? Share yuk di kolom komentar.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading