KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KEUANGAN

Persiapkan Sejak Dini, Penting! Berikut Masalah Keuangan di Segala Usia

Rabu, 08 November 2017 14:00 Penulis: Ayu Puji Lestari
Masalah keuangan/copyright pexels.com

Vemale.com - Muda foya-foya dan tua kaya raya. Siapa saja tentu setuju jika di usia pensiun nanti, dapat bersantai dan tidak lagi perlu memikirkan masalah keuangan. Tentu saja, kamu tidak bisa bersantai jika kamu di masa mudah hanya berfoya-foya dan tidak mempersiapkan segalanya dengan baik. Hmm, lalu apa saja sebenarnya yang harus kamu lakukan agar masa pensiun kamu kelak berjalan tanpa hambatan.

Ladies, berikut ini adalah hal yang perlu kamu persiapkan tentang masalah keuangan di segala umur.

Umur 20-30 Tahun

Usia awal untuk memulai meniti karir dan masa kamu masih memiliki semangat yang tinggi. Kamu dapat mulai melakukan investasi pertama kamu, misalnya mulai menabung minimal 10% dari gaji pertama, menyiapkan DP rumah pertama, investasi senilai 50% dari harga sepatu kamu, mulai memikirkan tentang memilih antara liburan atau belanja.

Umur 30-40 Tahun

Saatnya kamu berpikir tentang investasi/copyright pexels.com

Saat menginjak umur ini, pekerjaan kamu sudah mulai stabil. Maka kamu harus mulai meningkatkan kapasitas kamu dalam dunia kerja, mulai lebih mengontrol pengeluaran dengan memberi batasan maksimal cicilan sebesar 30% dari gaji, di umur ini kamu juga sudah memiliki rumah pertama kamu.

Saatnya kamu sudah memikirkan untuk invesatasi dana pendidikan anak dan dana pensiun kamu. Dan yang terpenting, mulai untuk menjaga gaya hidup kamu jangan sampai gaya hidup membuat hancur keuangan yang kamu miliki.

Umur 40-50 Tahun

Investasi keuangan/copyright redaksi vemale

Di usia ini saatnya kamu mengalokasikan semua asset aktif kamu, menambah tabungan untuk dana darurat, dan mencoba untuk membeli rumah kedua. Di sela waktu luang kamu coba untuk mereview ulang risiko investasi yang kamu lakukan. Dan yang lebih penting perbaiki gaya hidup kamu sebelum pensiun.

Lebih dari 50 Tahun

Usia pensiun dan kamu mulai hanya mengandalkan penghasilan pasif, yaitu hasil investasi yang kamu miliki sebelumnya. Di usia ini pastikan semua utang yang kamu miliki sudah lunas semua. Pindah semua investasi yang kamu miliki ke jenis investasi dengan risiko rendah. Dan yang tidak kalah penting jaga gaya hidup kamu. Sst kehidupan setelah pensiun tentu berbeda dengan saat kamu masih aktif bekerja.

Ladies, kalau kamu sekarang sedang berada di usia mana? Sudahkah kamu mempersiapkan segalanya? Share yuk di kolom komentar.

(vem/apl)
KOMENTAR PEMBACA