KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KEUANGAN

Keuangan Sedang Seret? Ini 5 Cara Mudah Menghemat Pengeluaran

Rabu, 25 Oktober 2017 13:15 Penulis: Febi Anindyakirana
Cara menghemat uang/copyright Pixabay.com

Vemale.com - Adakalanya kamu menemui masalah keuangan dan berpikir bagaimana caranya mengatur keuangan dan menghemat pengeluaran seminim mungkin sehingga kamu bisa bertahan hidup. Di sisi lain, kamu juga tak ingin berhutang, bukan hanya karena itu memalukan, tapi kamu juga tak ingin punya tanggungan beban hutang.

Ada sekian cara yang bisa kamu lakukan jika dalam kondisi seperti ini, baik kamu hidup sebagai single maupun berumah tangga, ladies.

1. Belanja barang kebutuhan saat promo

Sebelum belanja, lihat promo yang ditawarkan toko. Jika sesuai kebutuhanmu, kamu bisa membeli barang dengan harga lebih murah. Namun jelas kamu tak bisa tergoda dengan barang lain yang promo jika kamu tak membutuhkannya.

2. Gunakan apa yang sudah kamu punya

Hentikan kebiasaan belanja baju atau barang-barang lain ketika kamu sudah punya banyak di rumah. Gunakan apa yang sudah ada di rumah. Kalau memungkinkan, kamu bisa menjual beberapa barang yang masih bagus dengan separuh harga kepada teman jika sudah benar-benar butuh uang.

Cara mengatur keuangan/copyright Pixabay.com

3. Masak sendiri

Belanja ke pasar dan beli bahan makananmu sendiri. Masak di rumah lebih murah dan lebih hemat. Cara ini juga bisa meningkatkan keterampilan masakmu. Kamu juga bisa membekal dari rumah untuk lebih hemat.

4. Jujur pada diri sendiri dan orang lain

Tidak semua ajakan teman bisa kamu iyakan, apalagi jika kamu sudah dalam limit keuangan. Tolak ajakan makan di luar dari teman, bilang saja kamu sedang tak punya uang. Jika teman mau menanggung, tidak masalah, jika tidak, maka bukan suatu dosa menolak ajakan mereka.

5. Puasa

Cara ini cukup sederhana, anggap saja sekalian diet. Jika benar-benar tak punya uang, puasalah satu atau dua hari untuk memangkas pengeluaran makanan.

Hal yang paling penting adalah menurunkan gengsi dan mengetahui apa yang terbaik yang bisa kamu lakukan dalam situasi seperti ini. Jika bisa memangkas anggaran makeup atau perawatan lain-lain yang sekiranya bisa di skip, pangkas sebisa mungkin.

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA