KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KEUANGAN

3 Kunci Keberhasilan dalam Mengelola Keuangan Keluarga

Selasa, 26 September 2017 12:15 Penulis: Ayu Puji Lestari
Keuangan/Copyright Shutterstock

Vemale.com - Setelah menikah ada hal yang berubah, salah satunya adalah masalah keuangan. Jika saat lajang kamu bebas mengatur keuangan, maka saat berkeluarga ada hal yang perlu kamu perhatikan. Menikah berarti ada kepentingan orang lain yang perlu kamu perhatikan, yaitu pasangan kamu.

Seringkali masalah keuangan adalah hal yang menjadi pemicu pertengkaran antar pasangan. Jadi, sebaiknya perhatikan 3 hal ini saat mengatur keuangan keluarga. Here we go!

  • Komunikasikan Rencana Keuangan Bersama Pasangan

    Sesibuk apapun kalian, luangkan waktu untuk membicarakan masalah keuangan bersamanya. Bicarakan rencana keuangan kamu. Samakan pandangan dan rencana bersama pasangan, jangan sampai rencana kamu dan dia berbeda.

    Bicarakan dengan jelas bagaimana kalian akan berinvestasi, tabungan apa yang akan dipilih dan pembagian pos belanja. Jangan sampai hal ini menjadi masalah di masa yang akan datang.

  • Miliki Rekening Terpisah

    Menikah tidak harus menyatu. Dengan menikah bukan berarti membatasi ruang pribadi kamu dan pasangan. Memiliki rekening terpisah dengan rekening bersama akan membuatmu menghargai privasi masing-masing.

  • Sepakat Tentang Siapa yang Mengatur Keuangan

    Tentukan kesepakatan bersama pasangan, siapa yang akan mengatur keuangan. Well, rumah tangga seperti perusahaan. Mencatat semua pengeluaran dan pendapatan akan membantu kamu dan pasangan lebih terbuka satu sama lain.

Selain 3 hal penting yang perlu kamu lakukan tersebut di atas, sebaiknya kamu juga menghindari untuk berbohong masalah uang. Jika kamu memiliki pinjaman dengan pihak ketiga, sampaikan kepada pasangan. Tidak perlu segan meminta tolong kepada pasangan untuk mencarikan solusi terhadap masalah yang kamu hadapi.

Hal terpenting saat mengatur keuangan keluarga adalah saling percaya dan komunikasi yang baik. Well, semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/apl)
KOMENTAR PEMBACA