KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KEUANGAN

Mengatur Gaji Biar Cukup Tiap Bulannya, Yuk Terapkan Aturan 50/30/20 Ini

Jum'at, 15 September 2017 17:00 Penulis: Endah Wijayanti
Atur keuanganmu./Copyright shutterstock.com

Vemale.com - Sering bingung mengatur gaji tiap bulannya? Sering tiba-tiba bokek padahal baru gajian? Atau sering dibuat pusing dengan mengatur setiap pengeluaran tiap bulannya? Sekarang, saatnya kamu lebih cermat dalam mengatur keuanganmu, ladies.

Ada aturan sederhana yang bisa langsung kamu coba untuk mengatur keuanganmu setiap bulannya. Aturannya simpel saja, yaitu dengan menerapkan pola 50/30/20. Gampangnya begini. Setiap kali kamu menerima gaji, langsung bagi menjadi tiga bagian.

Aturan 50/30/20./Copyright brightside.me

50% untuk Kebutuhan Bulanan
Sisihkan 50% gaji untuk mencukupi berbagai kebutuhan dan pengeluaran bulanan. Mulai dari biaya listrik, bayar air, sembako, dan berbagai pengeluaran lainnya yang bersifat bulanan. Membayar cicilan juga masuk dalam alokasi ini. Separuh gaji coba prioritaskan untuk hal-hal yang memang sangat penting.

30% untuk Kebutuhan Hiburan atau Sekunder
Alokasikan 30% gaji untuk kebutuhan gaya hidup atau hiburan. Seperti misalnya biaya untuk nonton film, belanja baju, jalan-jalan, dan sebagainya. Kalau masih ada sisa, uangnya bisa dialokasikan untuk dijadikan dana cadangan.

20% untuk Cadangan
Sebisa mungkin alokasikan 20% besaran gaji untuk investasi atau uang cadangan. Bisa dengan ditabung, diinvestasikan, atau disimpan saja. Uang ini baru bisa digunakan kalau ada kebutuhan mendadak. Sehingga nantinya juga nggak kelabakan kalau butuh hal-hal yang sifatnya mendesak.

Itu tadi aturan sederhana untuk mengatur gaji tiap bulannya. Kamu bisa memodifikasi atau menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan. Intinya sih penting untuk mengelola keuangan. Biar setiap kali gajian kan keburu bokek duluan. Semoga tipsnya bermanfaat, ladies!



(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA