Sukses

Lifestyle

5 Tips Smart Shopping, Biar Nggak Gampang ''Lapar Mata'' Saat Belanja

Bagi sebagian wanita, “lapar mata” saat belanja menjadi sebuah kebiasaan buruk yang sulit untuk dihilangkan. Saat jalan-jalan ke mall atau tempat belanja, yang niatnya hanya untuk lihat-lihat saja bisa berakhir memborong banyak belanjaan karena susah mengendalikan diri. Kalau sudah begini, pengeluaran bisa membengkak tanpa kita sadari.

Penting sekali untuk belanja cerdas. Dalam artian bisa mengendalikan pemasukan dan pengeluaran dengan baik sekaligus bisa memenuhi semua kebutuhan. Nah, berikut ini ada lima tips smart shopping dari Prita H. W. seperti yang ditulis dalam bukunya Make it Happen! yang bisa kamu ikuti agar belanja bisa lebih terkontrol.

1. Membuat Wish List
Keberadaan wish list bisa mengubah cara kita dalam mengelola uang belanja. Buat daftar barang-barang apa yang ingin dibeli dan dibutuhkan. Dengan begitu, kita bisa lebih fokus terhadap hal-hal yang memang punya nilai besar untuk kita. Jadi bisa membantu diri agar lebih terkontrol dalam membelanjakan uang.

2. Punya Shopping Account
Cara ini mungkin belum banyak yang melakukan, yaitu membuat satu rekening terpisah dari rekening operasional bulanan. Jadi bakal sudah ada saldo khusus yang dialokasikan setiap bulannya untuk belanja. Sehingga nggak tercampur dengan uang lainnya.

Yuk, membuat wish list belanja./Copyright thinkstockphotos.com

3. Usahakan Selalu Bayar Kas Tunai
Setiap kali belanja sebaiknya selalu  bayar kas tunai. Kalau pun menggunakan kartu kredit, pastikan selalu bisa membayar lunas saat jatuh tempo tagihan. Jangan sampai menunggak, ya.

4. Miliki Shopping Buddy
Punya teman belanja (shopping buddy) juga penting, lho. Teman belanja ini nantinya bisa berperan untuk selalu mengingatkan kita untuk patuh pada anggaran belanja. Juga yang bakal jadi pengingat bila kebiasaan belanja kita mulai tidak sehat.

5. Terapkan 10 Seconds Rule
Nah, ini nih yang sering terlupakan. Biar belanja nggak melulu karena kalap atau lapar mata, selalu beri jeda 10 detik sebelum memutuskan untuk membeli suatu barang. Dalam waktu 10 detik tersebut, tanyakan lagi pada diri sendiri apakah barang tersebut memang dibutuhkan atau cuma karena ingin memilikinya saja.

Nah, sekarang sudah tahu kan tips-tips agar belanja lebih hemat dan cerdas? Yuk, mulai kita terapkan dari sekarang biar belanja lebih terarah dan nggak terus-terusan "lapar mata". Semoga tipsnya bermanfaat, ya.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading