KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KEUANGAN

Sisihkan Sebagian Biaya Belanja Untuk Ditabung, Bisa! Begini Tipsnya

Rabu, 19 Juli 2017 12:30 Penulis: Rohmitriasih
Menyisihkan uang belanja buat ditabung sangat mudah | Copyright shutterstock.com

Vemale.com - Berapa besaran biaya belanja untuk kebutuhan dapur kamu setiap bulannya? Meski kelihatannya tak terlalu besar, biaya belanja untuk kebutuhan dapur rupanya cukup besar Ladies. Bahkan, beberapa dari kita tidak menyadari bahwa gaji bulanan kita hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan dapur saja.

Dikutip dari laman boldsky.com, bagi wanita, belanja kebutuhan dapur adalah hal wajib yang perlu dilakukan baik itu setiap pagi, setiap tiga hari sekali atau paling lama setiap satu minggu sekali. Kalau kamu gimana, berapa hari sekali belanja?

Karena sibuk memikirkan ingin masak menu masakan terbaik buat keluarga setiap harinya, tidak sedikit dari kita yang lupa untuk mengelola uang belanja tersebut. Padahal nih ya, kalau kita pandai mengelola uang itu, kita bisa menekan biaya kebutuhan dapur sebesar mungkin dan menyisihkan sebagian uang belanja tersebut untuk ditabung. Begini tips menekan biaya belanja agar sebagian biaya tersebut bisa disisihkan dan ditabung.

Tanam Sayur Sendiri
Usahakan agar menanam sayur sendiri di pekarangan rumah atau teras dapur. Sayuran yang bisa ditanam misalnya bayam, kangkung, sawi, terong hingga seledri atau daun bawang. Selain menanam sayur sendiri, usahakan agar menanam bumbu juga seperti bawang merah, tomat, bawang putih, cabai, kunyit serta rempah lainnya. Sayuran dan bumbu yang ditanam sendiri tak hanya bisa menekan biaya belanja kamu tetapi juga menjamin makanan yang kamu buat lebih sehat nantinya.

Ganti Tisu Dapur dengan Kain Lap
Setelah memasak, penting untuk membersihkan peralatan dapur maupun semua yang ada di dapur. Selama ini, tisu menjadi alat pembersih dan lap andalan untuk membersihkan semua peralatan tersebut. Agar lebih hemat dan sehat, mulai sekarang gunakan kain lap atau kain bekas sebagai pembersih dapur. Kain bisa digunakan untuk bersih-bersih selama beberapa hari. Jika kain sudah kotor, kamu bisa mencucinya, mengeringkannya lalu menggunakannya kembali.

Belanja di Pasar Tradisional
Perlu kamu ketahui, belanja di pasar tradisional akan membuat kamu lebih hemat. Harga sayur dan semua kebutuhan dapur memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan harga di supermarket. Tapi ingat, saat belanja di pasar tradisional, kamu harus pandai-pandai menawar harga, memiliki barang yang masih baru dan segar.

Siapkan Tempat Penyimpanan Kebutuhan Dapur Ukuran Besar
Siapkan freezer atau lemari es yang besar agar kamu tidak terlalu sering belanja. Untuk menghemat biaya, belilah sayur, buah dan bumbu serta daging dengan porsi lebih banyak lalu simpan di lemari es agar lebih awet. Untuk bumbu yang awet alias tidak mudah busuk, kamu bisa beli banyak masing-masing per 1 kg.

Beli Saat Banjir Diskon
Biasanya, di akhir pekan ada diskon menarik. Cari tahu info diskon ini dan belilah barang yang memang kamu perlukan dengan harga yang lebih murah. Belanja saat diskon tak hanya bantu kamu jadi lebih hemat tetapi juga bantu kamu lebih cermat setiap kali membeli produk.

Simpan Segala Kebutuhan Dengan Baik
Pastikan menyimpan segala kebutuhan dapur dengan baik. Tempatkan tepung, gula, garam, kopi, lada bubuk, merica, dan bumbu dapur yang kering di tempat yang kering di toples secara rapi agar tidak mudah leleh, basah atau rusak kualitasnya.

Untuk bahan lainnya seperti bawang merah, bawang putih, cabai, tomat, kentang dan umbi-umbian, simpan di tempat terbuka yang kering. Sementara untuk bahan yang basah seperti sayur dan daging, simpan di lemari es dengan suhu rendah. Menyimpan segala kebutuhan dapur dengan baik akan meminimalisir rusaknya kebutuhan yang mengharuskan kamu belanja lagi.

Nah Ladies, untuk menekan biaya belanja kebutuhan dapur sebenarnya sangat mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga tips ini bermanfaat.



(vem/mim)
KOMENTAR PEMBACA