Sukses

Lifestyle

Tips Mudik Aman, Tanda-Tanda Kamu Harus Berhenti Mengemudi

Ada rencana mudik melalui perjalanan darat dengan kendaraan pribadi? Selain memastikan jalan dan kondisinya aman, penting juga untuk memastikan tubuh benar-benar dalam kondisi fit. Mengemudikan kendaraan di tengah jalanan padat dan macet mudik membutuhkan perhatian ekstra.

Ladies, jangan sampai kamu membahayakan diri sendiri saat mengemudi. Kalau capek, kamu harus segera istirahat. Jangan memaksakan diri untuk terus mengemudi. Apalagi kalau kamu mulai merasakan tanda-tanda ini, saatnya kamu berhenti mengemudi dan luangkan waktu untuk istirahat sejenak.

1. Kamu mulai kesulitan menggerakkan kaki antara gas dan pedal rem
Kamu sudah mulai bingung di antara keduanya. Fokus dan daya konsentrasi menurun. Berbagai peringatan rambu lalu lintas juga makin sering diabaikan. Apalagi kalau sudah ditambah dengan rasa pusing, ini jadi tanda kamu harus istirahat dulu.

2. Sering membanting setir
Kelelahan atau kecapekan karena sudah menyetir berjam-jam bisa jadi penyebab kamu jadi susah mengendalikan setir. Selain itu, refleksmu dalam mengemudi juga berubah. Jangan dipaksakan terus menyetir, lebih baik kamu menghentikan kendaraan dan istirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

3. Daya penglihatan mulai terganggu
Pandangan mulai kabur atau buram. Susah membaca tanda atau peringatan rambu lalu lintas dengan jelas. Kalau kamu sudah mengalami hal ini, benar-benar harus istirahat terlebih dahulu. Apalagi kalau kamu melakukan perjalanan di malam hari, keselamatan jadi prioritas yang paling penting dalam perjalanan mudik.

4. Mulai sering menguap dan mata terasa berat
Sudah banyak kasus kecelakaan yang terjadi karena pengemudinya mengantuk. Jadi jangan sampai kamu menyepelekan hal ini. Kalau kamu sudah sering menguap dan mata terasa berat, hentikan mobil dan cari tempat atau penginapan untuk tidur sebentar. Atau bisa dikombinasikan dengan minum kopi atau minuman yang mengandung kafein untuk membuatmu terjaga lebih lama.

5. Sakit kepala atau migrain
Penyebab sakit kepala ini bisa bermacam-macam. Mulai dari dehidrasi, efek obat-obatan yang dikonsumsi, kurang tidur, dan kelelahan. Kalau kepala mulai terasa sakit atau nyeri seperti dihantam palu, jangan memaksakan diri untuk terus mengemudi, ya.

Pastinya yang paling paham dengan kondisi tubuhmu adalah dirimu sendiri. Jadi kalau mulai merasa capek atau susah konsentrasi saat mengemudi, sebaiknya berhentilah sejenak. Atau minta orang lain menggantikanmu mengemudi.

Semoga perjalanan mudikmu lancar, ladies.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading