KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KEUANGAN

Nikmati Jakarta Sepi, Ini Tradisi Lebaran Keluarga Dea Ananda

Senin, 19 Juni 2017 11:00 Penulis: Ivana Okta Riyani
Copyright: (KapanLagi.com)

Vemale.com - Kurang dari seminggu umat muslim di seluruh dunia akan merayakan hari kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa. Nah, salah satu tradisi yang dilakukan adalah mudik ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga. Namun ternyata ada juga yang tak perlu susah-susah mudik dan berlebaran di kota tempat tinggal mereka. Salah satunya adalah Dea Ananda. Dilansir oleh KapanLagi.com (18/6), Dea tetap berlebaran di Jakarta.

"Itu nggak ada saya mah mudiknya ke Kemayoran," tutur Dea Ananda.

Lebih lanjut, Dea pun bercerita soal tradisi apa saja yang biasa ia lakukan saat lebaran. Yang paling menyenangkan baginya adalah suasana Jakarta yang sepi karena penduduknya yang sedang mudik. Dea dan seluruh keluarga pun akan mengunjungi rumah kakek dan neneknya di daerah Kemayoran.

"Tradisinya salat Ied di masjid, opa di Kemayoran, rumah mama juga di sana. Lebaran di rumah oma-opa saya nikmatin Jakarta yang sepi. Nenek-kakek yang lain juga rata-rata di Jakarta jadi paling ngiter ke Jakarta paling jauh ke Depok lah. Jadi ke luar kotanya paling pas liburan," ungkapnya.

Selain bersilaturahmi ke rumah saudara dan juga sesepuh, Dea menceritakan tradisi yang tak bisa dilupakan. Tradisi tersebut adalah sungkeman.

"Ada karena orang Jawa pasti sungkeman. nggak sih aku enggak pernah sedih. Waktu aku nikah aja sungkeman enggak nangis karena kesedihan itu gak perlu ditunjukkan, dalam hati saja kalau nangis," pungkasnya.

Nah, kalau tradisi lebaran di keluargamu apa sih Ladies? Yuk share di kolom komentar.

(vem/ivy)
KOMENTAR PEMBACA