KAPANLAGI NETWORK
MORE

Tips Atur Keuangan Agar Tak Boros Saat Lebaran Untuk Para Ibu

Jum'at, 16 Juni 2017 19:00 Penulis: Anisha Saktian Putri
Copyright: (thinkstockphotos.com)

Vemale.com - Mom, saat lebaran tiba tentu banyak pengeluaran tak terduga, seperti membelikan anak baju baru, membeli kue lebaran, biaya mudik, uang saku untuk sanak saudara, hingga membeli oleh-oleh bagi keluarga. Walaupun kita mendapat Tunjangan Hari Raya (THR), sebaiknya jangan terlena, sebab jika salah perhitungan bisa-bisa biaya lebaran menguras tabungan.  

Nah tidak mau ambil risiko tersebut, CFP Financial Planner, Mitra Rencana Edukasi, Sari Insaniwati menyarankan untuk memilah dan memilih kebutuhan dan memberi anggaran apa saja yang ingin dibeli. "Lebaran sudah pasti datang setiap tahunnya. Jadi kita harus bersiap-siap menghadapi pengeluaran di hari penting tersebut. Seperti untuk keperluan sehari-hari tetap pakai uang gaji atau pendapatan bulanan. Sedangkan untuk kebutuhan mudik, baju baru, thr para pekerja, dan lainnya diambil dari jatah bonus atau THR kita," ujar Sari saat dihubungi tim Vemale.com.

Nah untuk yang tidak memiliki penghasilan tetap atau berwirausaha, Sari menyarankan agar membuat anggaran khusus untuk lebaran.  Tipsnya cukup sederhana Ladies. Yang perlu kamu lakukan adalah dengan cara menyisihkan anggaran setiap bulan untuk kebutuhan berlebaran.

Mom jangan langsung habiskan THR mu, sebab THR juga bisa menjadi investasi lho. Sari menjelaskan sebaiknya sisihkan 10 persen di awal untuk menabung atau investasi.

"Investasi tergantung tujuan keuangannya dan profil risiko. Misal untuk rencana jangka pendek cocok di deposito atau reksadana pasar uang. Jangka menengah bisa obligasi, RD pendapatan tetap. Jangka panjang : emas, RD saham, saham," tutupnya.

Nah, semoga informasi ini bermanfaat dan membantumu untuk lebih berhemat ya.

(vem/asp/ivy)
KOMENTAR PEMBACA
REKOMENDASI PILIHAN
Video Skrin.id : Inspirasi Hijab & OOTD Influencer Cantik Untuk Lebaran
PRODUK REKOMENDASI