Sukses

Lifestyle

Tips Mengajari Anak Menggunakan Angpao Lebaran Agar Bermanfaat

Saat lebaran tiba biasanya kita pulang kampung untuk bertemu dan bersilahturahmi bersama keluarga besar. Saat sudah berkumpul tentu hal yang dinanti-nantikan oleh para anak-anak ialah tradisi salam tempel atau bagi-bagi uang saku lebaran. Wah, kalau sudah urusan salam tempel, anak-anak bakal langsung semangat.

Uang salam tempel atau angpao lebaran itu memang hak anak. Dan sebagai orang tua, kita sebaiknya membantunya mengarahkan agar uangnya tak terpakai percuma. Sebagai orang tua kita perlu mengajarkan bagaimana cara mengatur keuangan pada anak setelah mendapat salam tempel tersebut.

CFP Financial Planner, Mitra Rencana Edukasi, Sari Insaniwati menyarankan membiasakan anak memiliki rencana akan digunakan untuk apa uang tersebut. Semisal 50 persen di tabung dan 50 persen dibelanjakan sesuai keinginan.

"Biasakan mereka menabung dari uang sakunya dulu, jadi tidak akan terlalu sulit jika diminta untuk berhemat dan menabung saat mendapat uang lebaran," ujar Sari saat dihubungi tim Vemale.com

Sari menambahkan berikan tanggung jawab pada anak-anak untuk mengelola uangnya sendiri. Seperti biarkan mereka mempunyai tabungan sendiri.

"Sekarang kan banyak tabungan junior untuk anak di bawah usia 12 tahun. Semakin besar coba untuk belajar investasi rutin di produk lain yang bisa dengan nominal kecil, misal reksadana," tutupnya.

Saat anak terbiasa mengatur keuangannya sejak dini, akan lebih mudah nantinya ia untuk lebih bijak dalam menggunakan uang yang ia miliki. Yuk, moms bantu si kecil untuk bisa lebih mandiri dan bertanggung jawab dengan semua yang dimilikinya.

(vem/asp/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading