Sukses

Lifestyle

Agar Uang THR Dimanfatkan dengan Bijak, Ini Cara Memaksimalkannya

Hari Raya Idul Fitri kurang dua minggu lagi nih ladies, puasa tinggal menghitung hari. Jadi, apakah kamu sudah mendapatkan uang THR? Jika sudah, di saat seperti ini nih yang perlu kamu waspadai. Jika uang THR tak dikelola dengan bijak, bisa-bisa kamu tekor di belakang dan malah tak bisa memanfaatkannya sesuai keperluan.

Ini yang bisa kamu lakukan agar THR bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

1. Buat daftar prioritas

Apa yang paling penting dan patut didahulukan? Jika membayar hutang adalah hal yang tak bisa ditunda, lunasi dulu. Buat daftar kira-kira uang itu akan digunakan untuk membelanjakan apa saja. Jika beli kue lebaran, membelikan anak baju, menyisihkan uang untuk saku keponakan-keponakan jadi prioritas, bagi-bagilah dengan baik.

2. Selalu bayar dengan uang tunai

Perkirakan seberapa banyak belanjaan yang akan kamu lakukan, dan bawalah uang sebatas itu saja. Jangan terbiasa menggunakan kartu debit atau kredit untuk membayar. Dengan begini, kamu bisa membatasi apa yang kamu belanjakan dan disiplin membeli yang diperlukan saja.

3. Jangan mudah tergoda diskon

Meski memang diskon sedang ada di mana-mana, tapi yakinlah bahwa harga itu masih lebih mahal dibanding hari biasa dan setelah lebaran. Jika ingin belanja dengan patokan diskon, pastikan barang yang kamu beli ada dalam daftar prioritas.

4. Jangan belanja mendekati hari raya

Sebenarnya tak perlu menunggu THR untuk bisa belanja keperluan lebaran, jauh sebelumnya, bahkan sebelum Ramadan sebaiknya kamu sudah membuat budget atau tabungan khusus lebaran. Karena harga barang mendekati lebaran biasanya lebih mahal dan pilihannya tidak banyak lagi.

Itu dia empat cara yang bisa kamu terapkan setiap tahun agar uang THR bis dimanfaatkan dengan baik dan dimaksimalkan secara bijak. Semoga tidak tekor tahun ini ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading