Sukses

Lifestyle

Ingin Punya Usaha Dekorasi? Sini, Intip Dulu Tips Singkatnya

Dekorasi adalah bidang yang tak bisa dipandang sebelah mata. Seni menghias yang berakar dari kreativitas dalam mewujudkan kepribadian seseorang dalam tata letak dan bentuk ini bisa menjadi bisnis yang menguntungkan.

Lihat saja apa yang dilakukan dua perempuan ini: Adinda Putri dan Ayu Dyani Widasari. Keduanya menjalin kerja sama kreatif untuk membuat usaha dekorasi bernama Plan & Party Co. Awal usaha ini pun bisa dibilang tidak sengaja, yaitu saat mereka diminta mendekor acara bridal shower salah satu rekan.

"Ketika sedang brainstorming dan mencari-cari ide untuk dekor, kami menyadari banyak potensi dari jasa dekor ini setelah menemukan banyak sekali jasa dekorasi yang sudah ada sebelumnya. Sehingga kami berdua memulai menawarkan jasa dekor kami kepada teman-teman kami yang berencana akan mengadakan acara skala kecil," ujar Ayu Dyani saat berbincang dengan vemale.com.

Plan & Party Co/Dok.Pribadi

Kunci utama dalam bidang dekorasi ini adalah passion untuk merancang dan kecermatan melihat pasar yang ada. Apalagi dari bidang dekorasi bisa melebar ke sektor lain seperti katering. "Saat ini pun kami sudah mulai masuk katering melalui kerja sama dengan vendor-vendor katering yang sudah ada untuk memenuhi kebutuhan klien yang membutuhkan jasa katering pada acara mereka," tambah Ayu yang juga seorang dokter gigi.

Bersama dengan Adinda yang merupakan lulusan School of Bussines and Management ITB, Ayu jatuh bangun membuat usaha ini berjalan. Tidak ada yang namanya keterbatasan karena tantangan mendekorasi dengan skala besar merupakan peluang untuk terus belajar dan meningkatkan kualitas dekorasi mereka.

Buat kamu para Ladies yang mau memiliki usaha macam ini, simak dulu tips singkat yang diberikan Ayu:

1. Kreatif
Seperti diceritakan oleh Ayu di awal bahwa usaha ini dimulai ketika ia melakukan brainstorming soal dekorasi sebuah acara. So, gali potensi diri kamu dalam hal kreativitas.

2. Riset untuk inspirasi
Dengan rajin melihat banyak hal dalam berbagai wujud, kamu bisa meningkatkan inspirasi diri yang tertuang dalam dekorasi nan kreatif. "Dan mulailah mendekor dengan sepenuh hati karena hasilnya akan lebih memuaskan," tutur Ayu.

Plan & Party Co/Instagram

3. Ide yang beda
"Kata Pandji Pragiwaksono (aktor, penyiar radio, dan penulis buku) tawarkan ide dekorasi yang unik dan beda dari yang lain, karena sedikit lebih beda itu lebih baik dari sedikit lebih baik," tambah Ayu lagi.

4. Mulai dari skala kecil
Semua hal dimulai dari nol. Tidak perlu malu memulai dari sesuatu yang tidak ada karena di sinilah akar dari yang bakal ada. "Terus tingkatkan sedikit demi sedikit. Intinya sih, mau bisnis dekorasi atau lainnya, mulai aja dulu tapi terus bertumbuh," papar si perempuan cantik 26 tahun itu.

5. Manfaatkan jaringan keluarga
Manfaatkan jaringan keluarga dan pertemanan kalian untuk bisa mencari tahu mana saja peluang usaha yang banyak dibutuhkan orang saat ini. Kemudian cocokanlah dengan minat dan bakat kalian.

Yang namanya usaha tentu butuh usaha. Jadi tanamkan dengan baik tips ini pada diri kamu yang memang berminat menjalaninya. Semoga sukses di tangan kalian :)

(vem/zzu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading