KAPANLAGI NETWORK
MORE

Anak Mulai Masuk Sekolah? Begini Cara Mengatur Keuangan Keluarga

Senin, 22 Mei 2017 11:30 Penulis: Febi Anindyakirana
copyright by Pexels.com

Vemale.com - Semakin hari, segala kebutuhan hidup jadi semakin mahal, sedangkan penghasilan harus diatur sebaik mungkin agar bisa mencukupi. Tidak memungkinkan kamu akan mengalami masa-masa darurat, dan kamu harus pintar menyimpan cadangan untuk keperluan-keperluan mendadak tersebut.

Belum lagi jika anak baru akan masuk sekolah. Biaya sekolah juga tidak sedikit. Tapi bagaimana caranya agar bisa mengatur keuangan dengan penghasilan saat ini?

1. Tabungan tersendiri

Jauh sebelum anak masuk sekolah, sisihkan uang tabungan tersendiri untuk biaya sekolah. Boleh juga mulai disiapkan bahkan sejak ia masih bayi.

2. Memilih sekolah

Pilih sekolah yang berkualitas namun tidak terlalu mahal seperti sekolah negeri. Jika memungkinkan, cari sekolah yang dekat dengan rumah sehingga bisa menghemat biaya transportasi.

3. Tentang uang saku

Ajarkan pada anak sejak kecil tentang mengatur keuangan. Ajarkan ia untuk berhemat, membeli apa yang memang dibutuhkan. Jelaskan apa itu menabung dan membelanjakan uang sehingga anak bisa lebih bijak menggunakan uang saku.

4. Berikan les sendiri di rumah

Memberikan les sendiri di rumah adalah hal positif secara keuangan dan hubungan antar orangtua dan anak. Ajarkan anak untuk baca tulis tanpa bantuan mentor, mengulang lagi pelajaran di sekolah sepulang kerja. Cara ini bisa membuatmu lebih dekat dengan anak, mengetahui apa yang jadi kelebihan dan kelemahannya sehingga kamu tahu apa yang harus dilakukan sebagai orangtua.

Itu dia sekian tips yang bisa kamu lakukan jika anak mulai masuk sekolah. Mempersiapkan sejak jauh-jauh hari akan lebih baik untuk anak dan kestabilan keuangan keluarga, Moms.

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA
REKOMENDASI PILIHAN
Video Skrin.id : Tips Mudik Bersama Anak
PRODUK REKOMENDASI