KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KEUANGAN

Awas, Akun Socmed Ini Unggah Foto Candid Cewek di Tempat Umum

Senin, 22 Mei 2017 09:54 Penulis: Winda Carmelita
Foto: pexels.com

Vemale.com - Salah satu hal yang seringkali dilupakan banyak orang dan dilanggar adalah menyangkut privasi. Padahal privasi merupakan hak dasar seseorang dalam hidupnya.

Menyoal masalah privasi, baru-baru ini warga dunia maya di Indonesia diributkan oleh munculnya akun-akun Twitter yang secara diam-diam mengabadikan aktivitas-aktivitas para perempuan di tempat publik, misalnya di dalam commuterline atau saat mengantri ATM. Parahnya, pelaku mengabadikan foto dan video-video yang sengaja mengekspos bagian pribadi perempuan, yaitu paha, dada dan pantat.

Informasi ini beredar setelah akun @enjavier mengunggah screenshot pernyataan dari rekan salah satu korban akun @nyolongfoto.

Foto: twitter.com/enjavier


Selain akun @NyolongFoto di Twitter, ada juga beberapa akun-akun serupa yang melakukan tindakan yang sama. Dua akun lainnya, @2menerawang dan @suka_bh telah di-oleh Twitter, sementara hingga saat ini netizen masih bergotong royong agar akun @NyolongFoto dibanned oleh Twitter.

Akun-akun ini memang membahayakan, apalagi tak hanya perempuan dewasa yang menjadi korbannya. Melainkan juga remaja putri dan anak-anak yang tanpa mereka sadari, dirinya menjadi obyek pelecehan seksual. Admin di balik akun-akun ini menyatakan "no nude" alias tidak mengunggah konten-konten yang berisi foto dan video telanjang. Tetapi yang mereka lakukan tentulah menimbulkan rasa tidak nyaman, tidak aman dan teror secara psikis bagi para perempuan, khususnya saat berada di tempat umum.

Foto: twitter.com/enjavier

Entah apapun yang melatarbelakangi tindakan para admin akun anonim ini, yang jelas hal ini sangat tidak dibenarkan. Jika kamu menemui akun-akun serupa, segeralah melaporkan dengan cara mereport akun tersebut, tak perlu mem-follow-nya terlebih dahulu. Jika mendapati kamu atau kerabatmu menjadi korban pengintaian ini, laporkan ke polisi segera karena hal ini bisa membahayakan keselamatan jiwa.

Jangan biarkan predator online berkeliaran, Ladies. Mari lawan!

(vem/wnd)
KOMENTAR PEMBACA