KAPANLAGI NETWORK
MORE

5 Tips Nggak Dipusingkan Soal Uang Meski Gaji Pas-Pasan

Senin, 15 Mei 2017 11:30 Penulis: Endah Wijayanti
Foto: copyright unsplash.com

Vemale.com - Bagaimana ya rasanya bisa belanja bebas tanpa khawatir uang bakal cepat habis? Hm, pernah nggak kamu memiliki angan yang seperti itu, Ladies? Kayaknya hidup jadi lebih tenang bila bisa memenuhi semua kebutuhan dan keinginan tanpa khawatir bokek atau bangkrut.

Cuma memang kenyataan harus kita hadapi. Mungkin saat ini kamu memang sudah bekerja tapi gaji masih pas-pasan. Kadang baru aja gajian, sudah dibuat pusing dengan banyak tagihan. Akhirnya hari-hari jadi dipenuhi rasa cemas dan was-was soal uang. Tapi sebenarnya kita bisa tetap tenang dan hidup berkecukupan kok dengan gaji yang segini. Ini lima tips penting yang bisa kamu ikuti.

  • Jangan Terbiasa "Gali Lubang Tutup Lubang"

    Mungkin kita berpikir berhutang bisa jadi solusi terbaik dari masalah finansial. Karena situasi dan keadaan, kadang kita harus berhutang untuk memenuhi sesuatu. Tapi hati-hati hal ini bisa jadi jebakan sendiri. Kebiasaan gali lubang tutup lubang bakal memperparah kondisi finansialmu. Jangan sampai seumur hidup kamu terus dihantui oleh masalah hutang.

  • Beli karena Butuh Bukan karena Ingin

    Setiap kali akan beli sesuatu, coba tanyakan hal ini pada diri sendiri, "Benarkah aku membutuhkannya? Atau cuma sebatas menginginkannya?" Saat berbelanja, pastikan kamu bisa membagi prioritasmu. Tak semua keinginan bisa dipenuhi. Jangan sampai ujung-ujungnya malah besar pasak daripada tiang karena kamu susah mengendalikan diri saat belanja.

  • Hindari Gaya Hidup yang Sok Kaya

    Tampillah sesuai kemampuan dan kebutuhan. Jangan malah ingin terlihat sok kaya sampai melakukan hal-hal yang sebenarnya di luar batas kemampuanmu. Lebih selektif lah dalam memilih teman atau lingkungan sosial. Sehingga kamu akan lebih mudah mengendalikan pengeluaran sesuai dengan kemampuan yang kamu punya.

  • Sibukkan Diri dengan Hal-Hal Aktif dan Positif

    Miliki kebiasaan hidup yang aktif dan positif. Nggak cuma soal aktif olahraga rutin untuk menjaga kesehatan tapi juga melakukan hal-hal yang bisa membuat hati dan pikiran tenang. Jaga pola makan sehat, kerjakan pekerjaan dengan niat sungguh-sungguh, dan tetap luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang kamu suka. Syukuri juga semua yang sudah kamu miliki saat ini. Dengan begitu, hidupmu akan lebih tenang dan nggak lagi terlalu dipusingkan soal uang lagi.

  • Sisihkan Sebagian Rezeki untuk Orang Lain

    Yup, cobalah untuk bersedekah. Sisihkan sebagian gajimu untuk orang lain. Atau minimal gunakan sebagian uangmu untuk membantu orang-orang di sekitarmu. Nantinya kamu akan merasa lebih tenang. Dan kamu akan lebih mensyukuri semua yang kamu punya. Bukan banyaknya uang yang bisa bikin bahagia, tapi berkah yang bisa kamu rasa dan bagi untuk orang lain yang bisa menghadirkan bahagia.

Itu tadi lima tips sederhana biar nggak terlalu dipusingkan soal uang. Intinya adalah tetap bersyukur dengan semua yang kamu punya, ya Ladies. Dan jalani hidup sesuai dengan kebutuhan secukupnya dengan tetap bahagia.

(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Tips Keuangan
  2. Tips
REKOMENDASI PILIHAN
Video Skrin.id : Fakta-Fakta 'Goblin' yang Belum Kamu Tahu
PRODUK REKOMENDASI