KAPANLAGI NETWORK
MORE

Awas, Gamis Panjang Terlilit Rantai Motor Rawan Kecelakaan

Senin, 13 Maret 2017 12:30 Penulis: Winda Carmelita
Ilustrasi | Foto: copyright suryamalang.tribunnews.com

Vemale.com - Ladies, dalam berkendara di jalan, khususnya bagi mereka yang naik motor untk kegiatan sehari-hari, keselamatan memang adalah hal yang tak boleh disepelekan, sekecil apapun itu. Tak hanya sebagai pengingat bagi para pengemudi, melainkan juga bagi para penumpangnya.

Pagi ini beredar foto di jejaring sosial dan messenger yang menunjukkan seorang wanita tergeletak di pinggir jalan. Dari cerita yang dibagikan, wanita tersebut merupakan penumpang ojek yang baju gamisnya masuk ke putaran rantai motor yang ditumpanginya. Karena lilitan itu, wanita tersebut langsung terjatuh dari motor. Menurut kabar yang beredar, akibat kejadian tersebut, korban dilarikan ke IGD dengan lecet-lecet di kepala, pundak dan kaki.

Foto: dari berbagai sumber

Rupanya, kejadian ini bukan yang pertama kali. Dari penelusuran menggunakan keyword "terlilit gamis", kejadian seperti ini seringkali terjadi. Begitu pula dengan para wanita yang membagikan pengalaman mendebarkannya saat gamis atau kerudungnya terlilit rantai motor saat berkendara.

Foto: dari berbagai sumber

Ladies, memakai baju panjang seperti gamis, memang harus sangat berhati-hati, apalagi jika sehari-hari kita lebih banyak beraktivitas menggunakan motor. Seringkali pemakainya tidak menyadari gamis dan kerudungnya terjuntai. Tak hanya berbahaya bagi pemakainya jika bagian bajunya terlilit rantai motor, tetapi juga berbahaya bagi pengendara di belakangnya yang tidak bisa melihat lampu sein atau lampu rem karena tertutupi panjangnya baju yang menjuntai.

Tips aman memakai pakaian panjang, seperti gamis, kerudung lebar atau rok panjang:

  1. Saat naik motor, periksa dahulu ujung kain pakaian supaya tidak ada yang menjuntai-juntai.
  2. Pakai jaket agar tidak ada bagian pakaian yang tertiup angin dan melambai-lambai sehingga tidak berpotensi terlilit rantai motor atau tergulung jari-jari ban motor.
  3. Simpulkan kedua ujung gamis atau kerudung dan lebih baik duduk dengan posisi mengangkang ketimbang menyamping, demi keselamatan. Sebelumnya, pakailah celana panjang di dalam gamis ya.
  4. Lipat dan duduki pakaian supaya tidak berkibar-kibar.

Kejadian ini bukan yang pertama sekaligus menjadi pengingat bagi kita semua bahwa kenakan pakaian tak hanya demi mode atau menutupi aurat, melainkan juga utamakan keselamatan. Semoga kita terhindar dari kejadian seperti ini ya!

(vem/wnd)
KOMENTAR PEMBACA
Video Skrin.id : Mengenal Laklak dan Kuwir Nyatnyat, kuliner khas Tabanan