Sukses

Lifestyle

5 Tips Mengatur Keuangan Keluarga Sebagai Ibu Rumah Tangga

Jadi ibu rumah tangga mungkin memang sudah ada dalam bayanganmu dulu. Tapi mengalaminya sendiri saat ini pasti jadi hal untukmu. Kamu punya banyak hal untuk ditangani, salah satunya adalah masalah keuangan. Dan meski tampaknya sepele, namun tak segampang yang kamu duga lho.

Masalah apa saja yang butuh kamu perhatikan? Lihat daftarnya dan cermati bagaimana cara menangani dan membagi keuangan di tiap masalah ya.

    Makanan

    Masalah makanan bisa menguras dompet lho. Pilih apakah kamu akan lebih hemat dengan belanja dan masak sendiri atau keluar lebih namun tak repot masak. Kamu perlu mengelola pengeluaran dan budget untuk makanan di rumah, jangan sampai melebihi anggaran, jika kamu menetapkan jumlah uang tertentu.

    Transportasi

    Alat transportasi pergi kerja juga masuk dana yang harus kamu hitung berapa habisnya per bulan. Apakah bisa dipotong dan mencari alternatif lain yang lebih murah dan hemat. Berangkat bareng dengan satu mobil atau motor dengan suami mungkin lebih praktis dan hemat dibanding berangkat sendiri-sendiri. Ingat, BBM juga mahal lho.

    Hiburan

    Apakah kamu dan keluarga punya jadwal pergi keluar tiap weekend atau nonton bareng? Hal ini bisa masuk anggaran. Tentukan berapa jumlah maksimal yang bisa dihabiskan. Jika kalian hanya berdiam diri di rumah nonton tv atau menyewa DVD film, justru akan lebih hemat.

    Tagihan

    Ini adalah hal krusial dalam rumah tangga, hitung semua tagihan yang kalian tanggung. Selalu sisihkan di awal, baru kamu bisa memikirkan keperluan rumah tangga lainnya. Belajarlah lebih hemat listrik, air, gas dan lainnya jika memang tidak digunakan saat di rumah.

    Kebersihan

    Keperluan rumah tangga lainnya semacam alat pel, deterjen, sabun, sampo, sapu atau yang lainnya juga perlu masuk hitungan. Sebulan sekali belanja atau manfaatkan tawaran diskon karena kamu bisa hemat.

Terakhir, kamu bisa menyisihkan beberapa uang untuk menabung. Setelah menjumlah dan memangkas keperluan yang tidak begitu penting, masukkan sisa pendapatan sebagai keperluan darurat dan tabungan. Jadilah istri dan ibu rumah tangga yang cerdas ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading