Sukses

Beauty

Makan Segenggam Kacang Tiap Hari, Jantung Sehat Panjang Umur Lho!

Jika mendengar nama kacang, ada banyak macam yang mungkin muncul di kepalamu. Tapi tahukah kamu, bahwa makanan yang mungkin selama ini kamu anggap tinggi kolesterol dan lemak ini ternyata justru punya efek baik untuk kesehatan jantung lho.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal BMC Medicine baru-baru ini menemukan bahwa makan 20 gram kacang (atau sekitar satu genggam) setiap hari ternyata mampu menurunkan risiko kematian dini. Kacang-kacangan, terutama walnut, biji bunga matahari, dan almond memiliki banyak antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari kerusakan sel.

Bahkan kacang tanah, yang dianggap paling berkolesterol pun mampu mengurangi risiko kematian dini. Analisis pada 20 penelitian dari Imperial College London menemukan bahwa orang-orang yang makan satu ons kacang per hari bisa mengurangi risiko penyakit jantung koroner hampir sepertiga dari orang biasa dan mengurangi risiko kanker hingga 15 persen.

Meski mengandung lemak tinggi, tapi lemak dalam kacang-kacangan termasuk sehat karena berjenis lemak tak jenuh tunggal, yang mana juga mengandung serat dan magnesium tinggi. Bahkan makan bermacam kacang dalam satu genggam, bisa menurunkan risiko diabetes hingga 40 persen.

Namun para peneliti juga menyatakan bahwa masih butuh banyak data untuk membuktikannya lebih kuat. Tapi tentu penelitian ini sudah menjadi bukti nyata bahwa jenis kacang-kacangan sebaiknya tak perlu dihindari karena sebenarnya justru mampu menjaga kesehatan tubuh kamu.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading