Sukses

Beauty

Wadah Plastik yang Kamu Gunakan Aman? Begini Cara Mengeceknya

Ladies, tahukah kalau tak semua wadah plastik itu aman untuk kita pakai? Ada wadah plastik yang memang baik dan aman untuk jadi tempat makan dan minum. Tapi ada juga yang bisa memberi dampak negatif jika kita kita menaruh makanan dan minuman di wadah plastik tertentu.

Nah, untuk mengecek apakah wadah plastik aman digunakan, ada hal-hal yang perlu dicek. Cara mengeceknya tak jauh-jauh dari memahami arti logo atau lambang di wadah plastik itu sendiri. Selengkapnya, yuk ikuti infonya di bawah ini.

Foto: copyright lifehack.org

    Tipe 1: PETE atau PET

    Plastik PET ini bening, 100 persen bisa didaur ulang, dan biasanya dipakai untuk wadah minum. Seperti yang dilansir oleh lifehack.org, wadah plastik dengan tanda ini dianggap aman sebagai wadah minum atau makanan. Menyimpannya harus di suhu ruangan. Suhu tinggi bisa meningkatkan kadar antimoni zat-zat kimia yang berpotensi meningkatkan risiko penyebab kanker. Jenis plastik ini sebaiknya digunakan cukup sekali, karena kalau didaur ulang bisa meningkatkan jumlah bakterinya.

    Tipe 2: HDPE atau HDP

    Plastik HDPE ini agak lebih keras dari PET. Warnanya tidak bening dan biasanya diberi pewarna tambahan untuk tujuan pemasaran. Plastik jenis ini masih dalam tahap aman digunakan untuk wadah minuman dan makanan. Karena HDPE ini tak mudah terlarut dengan cairan.

    Tipe 3: PVC atau 3V

    Plastik PVC ini bisa berpotensi mengganggu kesehatan manusia. Plastik ini biasanya digunakan sebagai pembungkus juga jadi bahan untuk membuat mainan anak-anak. Plastik tipe 3 ini mengandung phthalates yang dapat menyebabkan gangguan reproduktif pada hewan dan manusia karena kandungan kimianya yang dapat mempengaruhi produksi hormon.

    Tipe 4: LDPE

    Plastik LDPE ini fleksibel dan tak mudah melarut. Biasanya digunakan sebagai pembungkus makanan beku, roti, pinggiran bahan karton wadah susu, dan kadang juga digunakan sebagai kantong plastik sampah. Penggunaannya masih dianggap cukup aman. Tapi banyak orang yang lebih memilih untuk menghindarinya.

    Tipe 5: PP

    Plastik PP ini lebih keras daripada jenis plastik lainnya dan semi transparan. Plastik jenis ini biasa digunakan sebagai botol yogurt, wadah obat, dan wadah margarin. Wadah plastik ini bisa dimasukkan dalam microwave dan tahan dengan suhu tinggi tanpa meleleh. Dengan kata lain, wadah plastik tipe 5 tergolong aman untuk kebutuhan konsumsi manusia.

    Tipe 6: PS

    Polystyrene atau PS adalah jenis plastik yang biasa digunakan di karton telur, wadah minum styrofoam, dan wadah makanan cepat saji. Jenis plastik ini tak aman bila dipanaskan dan bisa melarutkan zat-zat karsinogenik ke makanan. Khususnya, styrene, senyawa kimiw yang dapat mengontaminasi makanan. Styrene ini bisa meningkatkan penyakit limfoma dan leukimia. Air panas dan kopi yang disajikan dalam cangkir styrofoam pun bisa meningkatkan kadar styrene di dalamnya. Sehingga jenis plastik ini sebaiknya tak digunakan untuk wadah menyimpan yang lama.

    Tipe 7: PC atau Non-Labeled

    Jenis tipe plastik ini sebaiknya dihindari. Plastik jenis ini sangat keras dan susah pecah. Ada kandungan zat kimia dan resin dalam jenis plastik ini. Polikarbonatnya mengandung bisphenol A (BPA) yang dapat larut ke makanan atau minuman yang ada di dalamnya. Meskipun berbahaya, jenis plastik ini masih ditemukan digunakan di sejumlah wadah minum dan botol bayi. Memang untuk simbol yang satu ini terjadi sejumlah perdebatan. Karena tak semua tipe 7 disertai label atau keterangan khusus. Ada baiknya selain memeriksa nomornya, periksa juga keterangannya. Jika ada keterangan PC, ini menandakan bahannya mengandung polikarbonat. Untuk kategori nomor 7, ada baiknya untuk memeriksa setiap keterangan tambahan yang ada. Karena untuk tipe 7 ini ada yang aman dan tidak mengingat bahannya bisa campuran dari sejumlah bahan plastik lain. Untuk tipe 7 yang sudah jelas keterangan foodgrade-nya, tak perlu cemas lagi untuk bisa menggunakannya.

Kesimpulannya, selalu baca label dari setiap wadah plastik yang akan digunakan, ya. Hindari nomor 3, 6, dan 7 jika ingin mencari wadah plastik yang aman untuk keperluan konsumsi manusia. Satu lagi yang tak kalah penting adalah jangan terlalu sering memanaskannya dan menyimpan makanan di dalamnya dalam kurun waktu yang lama.

Semoga info ini bermanfaat, Ladies!

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading