Sukses

Beauty

Jangan Diremehkan Jika Kulitmu Mengalami 4 Kondisi Buruk Ini

Setiap perempuan menginginkan kulit yang halus, mulus dan sehat terawat. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkannya, mulai dari perawatan facial wajah hingga memakai pelembab. Tetapi, sudah melakukan berbagai macam cara merawat kulit, ternyata kondisi kulit gak kunjung membaik? Wah, kamu harus waspada nih, Ladies.

Kulit merupakan bagian tubuh yang terluas areanya. Kulit dipercaya menjadi 'jendela' kesehatan seseorang karena dari kondisi kulitlah kita mendapat pertanda apa yang terjadi pada tubuh kita, khususnya yang terjadi pada organ-organ dalam. Apa saja sih tanda-tanda kesehatan tubuh terganggu yang dapat diketahui melalui kondisi kulit?

Ruam dan bercak pada kulit

Foto: copyright allskinrashes.blogspot.com

Jika ruam dan bercak pada kulit disertai demam, nyeri sendi dan nyeri otot, bisa jadi merupakan pertanda infeksi organ internal. Ruam juga dapat terjadi karena alergi atau sinyal reaksi obat tertentu.

Jika ruam terjadi di bagian belakang leher atau sekitar lengan, dengan warna yang sedikit lebih gelap dari warna kulit normal seseorang, biasanya menjadi pertanda seseorang mengidap diabetes tipe 2.

Perubahan warna kulit

Foto: copyright chl-underground.com

Pada penderita diabetes, perubahan warna kulit yang mengkilap dapat menjadi pertanda seseorang bermasalah dengan metaboilsme zat besi dalam tubuhnya. Jika kulit menguning, adalah pertanda kegagalan hati yang diiringi dengan menguningkan bagian putih pada mata.

Kulit yang menggelap, yang biasanya terlihat di bekas luka atau lipatan kulit seperti siku dan lutut, bisa menjadi tanda penyakit hormonal.

Perubahan pada kelembaban dan ketebalan kulit

Foto: copyright healthable.org

Kulit yang terasa menebal bisa disebabkan karena tekanan darah yang tinggi dan masalah pada ginjal. Jika perubahan ini disertai rasa kering dan gatal yang berlebihan, bisa jadi ini merupakan sinyal adanya masalah pada hormon.

Perubahan pada kuku

Foto: copyright md-health.com

Perubahan bentuk dan warna kuku jangan disepelekan lho, Ladies, karena bisa jadi sinyal kurangnya nutrisi atau gangguan pada sistem organ tubuh. Bentuk kuku yang berubah dan seringkali diduga karena infeksi jamur, sebenarnya bisa jadi karena psoriaris pada kuku. Orang-orang yang memiliki masalah pada sendi yang seringkali nyeri, juga bisa menunjukkan tanda-tanda ini di kukunya.

Selain itu, masalah hati dan masalah ginjal terkadang bisa ditunjukkan oleh perubahan warna kuku.

Nah itu dia tanda-tanda gangguan kesehatan pada wanita yang dapat ditunjukkan melalui kulit yang bermasalah. Jika melalui perawatan kulitmu masih saja tak membaik, bisa jadi masalah pada kulitmu sesungguhnya adalah masalah pada organ dalammu. Konsultasikan dengan dokter segera ya.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading