KAPANLAGI NETWORK
MORE

Kenapa Sih Cewek Suka Cokelat? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Kamis, 01 September 2016 14:40 Penulis: Endah Wijayanti
Foto: copyright thinkstockphotos.com

Vemale.com - Ehm, hayo ngaku deh siapa di sini yang hobi dan suka banget makan cokelat? Bahkan kalau sudah makan cokelat, satu batang saja rasanya tak cukup. Kalau belum habis satu bungkus rasanya nggak lega. Selalu saja ingin nambah terus.

Ternyata ada penjelasan ilmiah di balik alasan kenapa seorang perempuan bisa begitu suka cokelat. Penjelasan ini terkait dengan hormon, kadar gula, dan juga soal siklus haid. Selengkapnya, yuk ikuti detail infonya di sini.

  • Kadar Gula Darah Rendah

    Pernah nggak merasa ingin sekali makan cokelat karena lagi moody atau suasana hati memburuk? Seperti yang dilansir oleh newhealthadvisor.com, hal ini bisa disebabkan oleh kadar gula darah yang turun. Dark chocolate memiliki indeks glisemik tinggi dan bisa menstabilkan kadar gula darah. Saat sudah makan cokelat, perasaan nyaman yang kita dapat membuat kita ingin tambah cokelat lagi dan lagi.

  • Kadar Serotonin Rendah

    Otak kita mengeluarkan neurotransmiter serotonin yang membuat perasaan nyaman. Kadar serotonin ini bisa turun seminggu sebelum siklus haid. Di masa inilah kadang keinginan untuk makan cokelat meningkat. Selain itu, kadar serotonin ini juga bisa menurun saat kita sedang stres. Hal ini juga lah yang menjelaskan kenapa kalau lagi stres kita ingin makin cokelat.

  • Perubahan Hormon dan Menstruasi

    Perubahan hormon yang terjadi sebelum dan selama menstruasi bisa membuat wanita ingin makan apapun. Beberapa pakar menyebutkan kalau banyak wanita yang sedang haid berpikir kalau mereka butuh makanan kaya lemak saat menstruasi, dan pilihan mereka banyak yang jatuh pada cokelat yang memberi mereka cukup lemak dan gula. Dengan kata lain, hasrat makan cokelat saat menstruasi itu lebih dipengaruhi faktor psikologis.

  • Kadar Magnesium dalam Tubuh Menurun Saat Menstruasi

    Cokelat bisa bikin mood membaik dan meredakan gejala PMS karena mengandung mineral kelumit seperti magnesium yang umumnya menurun saat sedang menstruasi. Dark chocolate bisa mengandung 327 mg magnesium di setiap 100 gram-nya. Sehingga banyak wanita yang memilih dan kecanduan cokelat untuk meredakan gejala PMS-nya.

Satu lagi alasan kenapa wanita bisa kecanduan cokelat adalah karena kandungan cokelat itu sendiri. Para pakar menyebutkan kalau kandungan alkaloid yang dimiliki alkohol juga terkandung di cokelat. Kandungan itulah yang bisa membuat cokelat bikin ketagihan. Sejumlah ilmuwan meyakini bahwa cokelat bisa menstimulasi otak seperti cara kerja marijuana karena kandungan anandamide di dalamnya.

Makan cokelat sih boleh-boleh saja asal tidak berlebihan. Imbangi juga dengan menjaga pola makan sehat dan aktif rutin olahraga. Semoga info ini bermanfaat, Ladies!

(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA
REKOMENDASI PILIHAN
Video Skrin.id : Inspirasi Hijab & OOTD Seleb Jelang Lebaran
PRODUK REKOMENDASI