KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Hindari Makan Sebelum Tidur Jika Tak Ingin Berisiko Jantung

Kamis, 01 September 2016 12:29 Penulis: Rohmitriasih
Photo: Copyright Thinkstockphotos.com

Vemale.com - Sampai saat ini, serangan jantung masih menjadi penyakit paling mematikan di dunia yang siap menyerang siapa saja dan kapan saja tanpa permisi. Bahkan, para ahli menyebutkan bahwa jantung adalah penyakit yang paling banyak diderita orang-orang di era modern seperti sekarang ini. Tak hanya menyerang orang yang telah berusia paruh baya atau tua, serangan jantung rupanya juga telah menyerang kalangan anak muda.

Mengenai hal ini, tentunya kita semua tak ingin menjadi salah satu korban dari serangan jantung kan Ladies? Dikutip dari laman asiantown.net, serangan jantung sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satu hal yang umum menjadi penyebabnya sendiri adalah pola makan dan pola hidup yang buruk. Serangan jantung juga sering kali disebabkan oleh kebiasaan buruk seseorang yang senang makan sebelum tidur. Penelitian menunjukkan bahwa makan sebelum tidur akan meningkatkan risiko serangan jantung.

Risiko serangan jantung bisa disebabkan oleh banyak hal dan salah satunya adalah kebiasaan makan sebelum tidur | Photo: Copyright Thinkstockphotos.com

Prof Peter Weissberg, dari British Hearth Foundation mengatakan bahwa, "Makan sebelum tidur akan meningkatkan risiko serangan jantung. Makan sebelum tidur juga memungkinkan seseorang lebih mudah berisiko diabetes, stroke hingga kanker. Lebih buruk lagi, ini juga memungkinkan seseorang mengalami masalah pada sistem pencernaannya." Para ahli menyarankan agar kita semua makan minimal dua jam sebelum tidur. Kalau kita makan malam jam 7 malam, paling cepat kita boleh tidur pada jam 9 malam. Lekas tidur setelah makan, ini justru akan meningkatkan risiko jantung yang sangat berbahaya dan mematikan.

Selain berisiko pada serangan jantung, kebiasaan makan sebelum tidur juga akan meningkatkan risiko darah tinggi dan stroke. Dr Ozpelit dari Dukuz Eylul University di Turki menyebutkan jika lebih dari 721 orang usia di atas 53 di sana mengalami serangan jantung dan tekanan darah tinggi. Setelah dilakukan penelitian lebih lanjut, ternyata ditemukan bahwa mereka memiliki kebiasaan buruk suka makan sesaat sebelum tidur.

Peneliti juga menemukan bahwa lebih dari 9.4 juta orang di UK berisiko jantung serta stroke. Selain kebiasaan makan sebelum tidur yang meningkatkan risiko jantung, kebiasaan konsumsi junk food dan pola hidup yang tidak sehat menjadi penyebab kenapa orang di UK sangat berpotensi derita serangan jantung serta stroke. Stres berat nampaknya juga dipercaya mampu meningkatkan risiko jantung. Begitu pula dengan kebiasaan duduk terlalu lama di depan meja kerja atau karena pekerjaan yang sangat berat setiap harinya.

So Ladies, jika kita semua berharap akan terhindar dari risiko jantung, pastikan bahwa kita tak terbiasa makan sebelum tidur. Pastikan pula, untuk menjalani pola hidup sehat, kurangi junk food, minum air putih cukup, perbanyak buah dan sayur serta miliki gerak tubuh juga olahraga cukup setiap harinya. Semoga, informasi ini bermanfaat.



(vem/mim)
KOMENTAR PEMBACA
Video Skrin.id : 17 Agustus Beauty Challenge!