Sukses

Beauty

Awas, 5 Aktivitas Sehari-Hari Ini Bisa Merusak Gigi

Seperti yang kita tahu, gigi tak hanya sebagai penghancur makanan saja. Lebih jauh, gigi juga merupakan salah satu bagian tubuh yang bisa membuat kita makin cantik, mengesankan dan makin kece. Apalagi, jika gigi tersebut bersih, putih, sehat dan bebas dari masalah gigi berlubang atau keropos. Untuk mendapatkan gigi yang sehat dan mengesankan sendiri, sebenarnya bisa dilakukan dengan banyak hal. Salah satu hal tersebut adalah dengan perawatan gigi yang baik.

Mengenai perawatan gigi, hal ini bisa kamu lakukan di klinik atau juga di rumah. Untuk perawatan gigi di rumah, usahakan untuk menggosok gigi secara teratur dan menghindari beberapa aktivitas yang akan merusak serta memperburuk kesehatan gigi. Adapun aktivitas sehari-hari tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

    Mengunyah Es Batu

    Mengunyah es batu memang memiliki sensasi yang mengesankan dan bikin senang. Tapi, jika hal ini terlalu sering dilakukan, ini bisa merusak kesehatan gigi. Tak hanya mengunyah es batu yang bikin gigi rusak, menempatkan es batu pada sirup buah dan soda juga akan membuat gigi rentan rusak juga linu.

    Olahraga Tanpa Menggunakan Pelindung Gigi

    Memang, olahraga merupakan salah satu aktivitas yang bikin tubuh lebih sehat, bugar dan mengesankan. Tapi, saat melakukan olahraga usahakan untuk memakai pelindung gigi ya. Para ahli mengungkapkan bahwa aktivitas olahraga dan tidak memakai gigi akan memungkinkan gigi mudah rusak. Terlebih lagi, jika olahraga ini merupakan olahraga berat seperti halnya tinju, gulat, pencak silat dan sejenisnya.

    Minuman Berkafein

    Ketika sibuk bekerja, tidak jarang seseorang akan konsumsi minuman berkafein berupa teh atau kopi. Tak hanya ketika bekerja, banyak orang suka konsumsi teh dan kopi setiap hari. Asal kita tahu Ladies, minuman yang mengandung kafein sebenarnya merupakan minuman yang mudah sekali menyebabkan kerusakan pada gigi. Dalam penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Dentistry dan Journal of Dental Association mengungkapkan bahwa kerusakan gigi akibat kafein antara lain adalah gigi kuning, gigi keropos dan gigi berlubang.

    Mengunyah Permen

    Rasa manis permen memang sering kali membuat siapa saja merasa nyaman dan senang. Permen juga merupakan salah satu makanan yang bisa dinikmati kapan saja serta dimana saja. Tapi, jangan sering-sering konsumsi permen jika kamu tak ingin kamu rusak dan sakit. Para ahli mengungkapkan bahwa permen adalah salah satu makanan yang membuat gigi rusak parah dengan waktu yang sangat cepat. Bahkan, mengunyah permen akan membuat kerusakan gigi lebih buruk sebesar 50 persen.

    Menyikat Gigi Dengan Sikat Berbulu Keras

    Menyikat gigi adalah salah satu aktivitas yang harus dilakukan setiap hari. Dalam sehari, seseorang disarankan untuk menyikat gigi sebanyak dua kali yakni setelah makan dan sebelum tidur. Karena menyikat gigi adalah aktivitas wajib setiap hari, pastikan untuk memilih sikat yang lembut dan baik buat kesehatan gigi kamu. Jangan sampai, sikat gigi yang kamu gunakan memiliki bulu yang kasar. Para peneliti mengungkapkan bahwa sikat gigi yang kasar bisa membuat gigi mudah rusak, keropos hingga patah. Pilihlah sikat gigi dari merek terpercaya berbahan lembut seperti Pepsodent, Formula, Oral-B, Sensodyne dan sebagainya.

Ladies, itulah beberapa aktivitas sehari-hari yang bisa membuat gigi rusak. Agar gigi kamu tetap sehat, kuat dan bersih, pastikan untuk menghindari segala aktivitas di atas. Oh iya, selain aktivitas di atas, aktivitas lain yang juga membuat gigi rusak adalah minum soda, makan atau minum panas, berenang, terlalu sering menyikat gigi juga menyobek plastik atau benda keras menggunakan gigi.

Untuk dapatkan gigi yang sehat dan cantik serta kuat, usahakan agar menghentikan kebiasaan di atas. Jangan lupa pula untuk memeriksakan gigi di klinik kesehatan gigi setidaknya 3 bulan sekali. Tidak kalah penting, kebiasaan menyikat gigi 2 kali sehari akan membuat gigi dan senyummu makin cantik. Beberapa merek pasta gigi yang cocok untukmu adalah Pepsodent, Formula, Ciptadent, Sensodyne dan merek-merek terpercaya lainnya.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading