Sukses

Beauty

Kebiasaan Gigit Kuku? Duh Ini Bahayanya!

Kuku seringkali menjadi sarang berkembang biaknya bakteri dan sumber penyakit karena seringkali kuku kemasukan kotoran. Itulah mengapa sebaiknya kamu rajin memotong kuku panjang sehingga tak jadi sarang bakteri, apalagi jika kamu seringkali menggigit kuku.

Kebiasaan menggigit kuku tak ada manfaatnya, yang banyak justru membahayakan kesehatan, dan kamu akan dihadapkan sekian bahaya kesehatan berikut ini.

copyright by top10homeremedies.com

    Menyebar bakteri ke dalam mulut

    Karena banyak kotoran yang masuk ke sela-sela kuku dan kamu menggigitinya, ada banyak kemungkinan bakteri masuk dan menyebar ke dalam mulut sehingga menyebabkan penyakit. Bakteri seperti salmonella and E. coli bisa masuk ke tubuh, dan bahkan penelitian pada tahun 2007 yang diterbitkan dalam jurnal Oral Microbiology and Immunology menemukan bahwa kebiasaan menggigit kuku menjadi salah satu cara bakteri tersebut masuk ke mulut.

    Sakit perut

    Tentu saja ketika bakteri berbahaya masuk ke mulut, mereka akan menginfeksi saluran pencernaan dan menyebabkan sakit perut. Kamu bisa mengalami diare, infeksi gastrointestinal/usus dan berbagai masalah perut lainnya.

    Infeksi kuku

    Kuku yang sering digigit akan menipis dan kemungkinan besar kamu akan mengalami infeksi kuku sehingga kuku rapuh dan mudah patah bahkan mengalami luka-luka dan bengkak. Menurut American Academy of Dermatology, menggigit kuku dapat menyebabkan kulit di sekitar kuku berdarah.

    Kerusakan kulit kuku

    Kuku biasanya menempel pada kulit kuku di bawahnya sebagai tempat tumbuh, dan jika infeksi terjadi karena sering menggigit kuku, maka kulit kuku akan mudah terluka dan nyeri karena rusak.

Jadi jika tak ingin berisiko mengalami sekian hal di atas, ada baiknya jika kamu menghentikan kebiasaan menggigit kuku ya dari sekarang. Jaga tanganmu tetap sibuk dengan melakukan berbagai hal agar bisa hilang dari kebiasaan menggigit kuku ya. 

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading