Sukses

Beauty

Tumor Payudara dan Kanker Payudara Itu Beda, Sudah Tahu?

Saat payudara terasa nyeri lalu disertai terasa ada benjolan, wah biasanya kita sebagai wanita akan panik sendiri. Jangan-jangan ini tumor? Atau parahnya lagi jangan-jangan ini kanker?

Benjolan di payudara kerap jadi momok menakutkan bagi wanita. Tapi yang perlu digarisbawahi adalah bahwa tak semua benjolan itu adalah kanker, bisa jadi itu adalah tumor jinak yang bisa segera dioperasi. Tumor payudara dan kanker payudara pun sebenarnya berbeda. Kita bisa membedakannya dari gejala dan benjolan yang dirasa.

Benjolan Tumor Lebih Lunak

Dokter spesialis Onkologi, Walta Gautama di FKM U, seperti yang dikutip oleh merdeka.commemaparkan, "Benjolan kanker biasanya hanya di satu sisi payudara, biasanya keras. Tapi kalau benjolannya berjalan-jalan itu kista." Kista ini bisa juga diartikan sebagai tumor yang isinya cair. Saat diraba, benjolan tumor ini bisanya terasa lebih lunak. Umumnya tumor jinak ini tak lebih berbahaya dari kanker karena tak mengakibatkan kegagalan organ yang dihinggapinya.

Benjolan Kanker Terasa Lebih Keras

Benjolan kanker itu jika ditekan akan terasa sakit. Selain itu, benjolan akan terasa lebih kerasa dan pinggirannya tidak rata. Dilansir dari healthline.com, gejala awal kanker payudara meliputi perubahan bentuk puting payudara; payudara masih terasa sakit sekalipun tidak sedang menstruasi; keluar cairan berwarna bening, merah, cokelat, atau kuning dari puting; payudara kemerahan, bengkak, kulit iritasi, muncul rasa gatal, dan ruam di payudara tanpa alasan jelas; ada pembengkakan atau muncul benjolan di sekitar tulang selangka atau di bawah ketiak.

Benjolan kanker yang sudah berkembang lebih lanjut bisa menyebabkan perubahan di permukaan payudara. Misalnya, puting payudara jadi tertarik ke dalam karena terjadinya infiltrasi. Menurut informasi dari dokter Walta, secara statistik kanker stadium 1 itu ditandai dengan benjolan berukuran 2 cm dengan peluang kesembuhan 100 persen. Sementara kalau sudah mencapai kanker stadium 2, peluang kesembuhannya 80 persen. Sedangkan kanker stadium 3 punya peluang sembuh 60 persen dan kalau sudah mencapai stadium 4 tingkat kesembuhannya 20 persen.

Intinya kalau kamu merasakan ada benjolan atau terasa ada yang aneh dengan payudaramu, baiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Semakin cepat kamu berkonsultasi dengan dokter, maka semakin cepat penyebabnya diketahui dan bisa segera ditangani dengan tepat.

Semoga info ini bermanfaat, Ladies.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading