Sukses

Beauty

Pakai Lensa Kontak 14 Jam, Mata Pria Ini Hampir Buta

Umumnya, lensa kontak dipakai sebagai pengganti kaca mata. Dengan lensa kontak, seseorang masih bisa melihat dengan jelas dan lebih baik tanpa harus pakai kaca mata. Tapi, pemakaian kontak lensa dalam waktu yang terlalu lama sangat tidak dianjurkan. Kalau lensa kontak dipakai dalam waktu yang lama, hal ini bisa saja membuat mata menjadi bermasalah atau bahkan hampir buta seperti yang dialami pria berusia 32 tahun bernama Andy James berikut ini.

James dan kekasih | Photo: Copyright dailymail.co.uk

Dikutip dari laman dailymail.co.uk, karena memakai lensa kontak selama 14 jam, mata James hampir buta. Selama ini, setiap hari James memang mengenakan lensa kontak selama 14 jam. Tak disangka, beberapa hari yang lalu matanya terasa sangat sakit dan tidak seperti biasanya. Matanya menjadi sangat merah dan berair. Kepala bagian belakangnya juga terasa seperti tertusuk jarum. Karena kondisi ini, ia pun segera dilarikan di rumah sakit terdekat dan mendapatkan perawatan intensif.

Dokter David Allamby, dokter yang memeriksanya mengatakan jika mata James memiliki enam luka di mata sebelah kiri dan lima luka di mata sebelah kanan. Jika hal ini tidak segera diatasi dan diobati, James bisa saja kehilangan penglihatannya. Sebelumnya, James memang pernah menderita ulkus kornea ringan di mata kanannya. Kondisi ini dideritanya karena ia tak memakai lensa kontak dengan benar. Namun, ia akhirnya mulai memperbaiki caranya menggunakan lensa kontak.

Kondisi mata James karena pakai kontak lensa 14 jam | Photo: Copyright dailymail.co.uk

James mengaku ia tahu bahwa memakai lensa kontak bisa berisiko fatal. Untuk mencegah risiko tersebut, tidak jarang ia akan menghentikan penggunaan lensa kontak dan memakai kaca mata. Kalau pun memakai lensa kontak, ia akan memakainya sesuai petunjuk dokter.

Kisah yang dialami James ini dibagikan ke orang lain karena ia tak ingin apa yang menimpanya akan menimpa orang lain. Ia tak ingin orang lain mengalami masalah kesehatan mata karena menggunakan lensa kontak secara terus menerus dan dalam waktu yang lama. James mengatakan,

"Aku tak ingin apa yang aku alami akan dialami orang lain. Saat memakai lensa kontak, kita harus tahu waktu. Kita juga harus memastikan lensa kontak tersebut bersih dan steril. Tangan kita juga harus bersih saat kita memasang lensa kontak di mata kita.

Andy James | Photo: Copyright dalymail.co.uk

Sebuah survei yang dilakukan Pusat Pengendalian dan Pencegahan penyakit menyebutkan jika 99% dari seribu orang dewasa yang memakai lensa kontak, mereka melanggar salah satu aturan pakai lensa kontak. 9 dari 10 orang mengaku memakai lensa kontak saat tidur siang. Beberapa bahkan juga memakai lensa kontak saat tidur malam. Sedangkan hal ini sangat berisiko fatal dan membahayakan kesehatan mata.

So Ladies, agar apa yang menimpa James tidak menimpa kamu, pastikan untuk tidak memakai lensa kontak secara berlebihan. Pastikan pula kebersihan lensa kontak dan pastikan kamu tidak melanggar aturan pemakaian lensa kontak Cepat sembuh James. Kita semua tentu berharap bahwa peristiwa seperti ini tak terjadi lagi.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading