Sukses

Beauty

Awas, Susu Tanpa Lemak Justru Berpotensi Undang Diabetes

Susu merupakan salah satu minuman sumber protein dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Tapi susu seringkali dihindari diminum karena punya kandungan lemak tinggi sehingga dikhawatirkan menyebabkan kegemukan. Itulah mengapa kemudian hadir varian susu yang dianggap lebih sehat, yaitu susu tanpa lemak atau disebut juga susu skim.
 
Susu tanpa lemak ini sudah dihilangkan kadar lemaknya sehingga tidak begitu manis dan lebih cair dari susu biasa. Tapi ternyata susu yang dianggap sehat ini justru punya potensi buruk untuk kesehatan lho. Akhir-akhir ini banyak penelitian yang menyatakan bahwa sebenarnya susu full-krim atau susu sapi murni yang tidak dihilangkan kandungan lemaknya justru lebih sehat dibandingkan susu tanpa lemak.

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa orang-orang yang minum susu non-fat justru cenderung berpotensi terserang diabetes dibanding mereka yang minum susu murni atau full-fat. Peneliti dari Harvard dan Tufts meminta lebih dari 3000 orang dewasa yang tak punya diabetes dalam rentang usia 30-75 tahun menjalani tes darah.

Mereka kemudian dilihat perkembangannya selama 15 tahun. Hasilnya, mereka yang minum susu full-fat atau susu murni justru punya potensi 46% lebih rendah terkena diabetes dibanding peminum susu tanpa lemak atau non-fat.

Alasan pastinya masih belum jelas, namun diduga mereka yang diet  susu tanpa lemak justru mengganti rasa manis yang hilang dari susu dengan makanan bergula yang sehingga mempertinggi potensi diabetes. Namun bukan berarti kamu bisa dengan sesuka hati minum susu kapan pun.

Bagaimana pun porsi minum susu tetap perlu dibatasi, bagaimana pun juga susu berlemak tinggi bisa menyebabkan kegemukan dan tidak sehat jika diminum berlebihan ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading