KAPANLAGI NETWORK
MORE

Kunyah Pelan-Pelan, Lama-Lama Bisa Turunkan Berat Badan

Jum'at, 08 April 2016 12:10 Penulis: Febi Anindyakirana
copyright by shutterstock.com

Vemale.com - Bersamaan dengan dua kunci utama cara menurunkan berat badan, yaitu olahraga dan makan sehat, ada satu cara lain yang perlu kamu biasakan jika ingin berat badan turun bahkan tanpa kamu sadari. Kebiasaan ini tak butuh banyak usaha dan kamu hanya butuh sedikit waktu luang dan kesabaran, yaitu makan dengan mengunyah pelan-pelan.

Menurut sebuah penelitian, makan dengan mengunyah pelan-pelan bisa meningkatkan kepuasan indera perasa dan bisa memperlambat penyerapan kalori makanan dalam sistem pencernaan. Penelitian ini melibatkan 200 orang dewasa obesitas yang diminta mengikuti aturan diet dan jadwal olahraga yang sama.

Sebagian kelompok mengikuti program diet biasa, dan sebagian lainnya mengikuti program 'mindful eating' atau mengunyah perlahan ini. Program ini juga termasuk latihan meditasi, yoga, latihan pernapasan dan latihan psikologis mencintai diri sendiri. Kedua kelompok punya berat badan yang sama.

Tapi enam bulan setelah program berakhir, orang-orang dalam kelompok mengunyah perlahan ini bukan hanya mampu menurunkan berat badan secara signifikan namun juga menunjukkan perkembangan pesat terutama dalam penurunan kadar triglyceride (lemak dalam darah) dan kadar kolesterol baik (HDL).

Membiasakan diri makan dengan sabar dan mengunyah perlahan ternyata juga membuat pikiran orang berubah tentang makanan. Orang jadi lebih cerdas memilih makanan, membatasi kalori makanan yang masuk ke tubuh sehingga mereka makan dalam porsi yang lebih sedikit.

Kelompok ini juga memiliki kadar gula darah yang rendah setelah kebiasaan ini berlanjut. Peneliti juga menemukan bahwa kebiasaan mengunyah makanan dengan pelan juga menurunkan potensi gangguan metabolisme yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Jadi, mengapa harus selalu terburu-buru saat mengunyah makananmu? Padahal mengunyah dengan pelan dan sabar justru bisa menurunkan berat badan. Cara diet sederhana yang bahkan tak butuh banyak usaha.

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA
REKOMENDASI PILIHAN
Video Skrin.id : Ruang Vemale Eps. 2 - Ada Apa Dengan Laura
PRODUK REKOMENDASI