Sukses

Beauty

Tanpa Obat, Atasi Sakit Kepala dengan 'Suasana Gelap'

Saat sakit kepala, mau melakukan aktivitas seperti biasa rasanya susah sekali. Bahkan untuk sekadar jalan kaki atau mencoba fokus mengerjakan pekerjaan yang ringan saja rasanya susah sekali.

Penyebab migrain atau sakit kepala ini pun beragam. Mulai dari stres, tertekan, kurang istirahat, gangguan sinus, kurang tidur, dan dehidrasi. Semakin cepat penanganannya maka semakin baik. Biasanya kita dianjurkan untuk mengonsumsi obat pereda sakit kepala oleh dokter untuk mengatasi masalah ini. Tapi kalau tidak ada obat atau belum sempat bertemu dokter, kamu bisa coba lakukan pertolongan pertama sendiri.

Salah satu caranya adalah dengan mengondisikan dirimu dalam suasana gelap. Dilansir dari lifehack.org, cahaya dan sinar bisa terasa sangat menyakitkan saat kamu menderita sakit kepala. Migrain (dan sakit kepala) umumnya disebabkan oleh stimulus sensorik. Dan cahaya juga termasuk salah satu jenis stimulus tersebut.

Untuk mencoba redakan sakit kepala, cobalah untuk mematikan lampu. Atau kalau di siang hari, coba kondisikan dirimu berada di ruangan yang gelap. Bisa dengan menutup jendela dan kelambu. Selain itu, kamu juga bisa coba kenakan kacamata hitam untuk melindungi dirimu dari paparan sinar, baik sinar matahari maupun sinar buatan seperti lampu.


Saat sakit kepala menyerang, sesegera mungkin lakukan pertolongan pertama seperti mengondisikan diri berada di suasana gelap. Bisa juga kamu imbangi dengan melakukan meditasi atau peregangan.

Satu lagi yang jangan sampai ketinggalan adalah banyak-banyak minum air putih. Bisa jadi sakit kepala yang kamu rasakan itu disebabkan oleh dehidrasi.

Kalau sakit kepala terus nyut-nyutan dan tak kunjung reda, segera hubungi dokter, ya Ladies. Semakin cepat kamu menghubungi dokter, semakin cepat pula kamu mendapat penanganan yang tepat.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading