Sukses

Beauty

Tak Hanya Menyehatkan, 4 Olahraga Ini Juga Mampu Usir Galau Lho

Olahraga yang dilakukan secara rutin tidak diragukan lagi manfaatnya untuk menjaga kesehatan, pembentukan otot, penurunan berat badan, serta menjaga bentuk tubuh agar tetap ideal. Tapi,  tidak hanya manfaat fisik saja yang ternyata bisa didapat dari latihan fisik secara teratur, mental pun bisa lho, Ladies.

Hasil studi yang dipaparkan dalam Journal of Sport & Exercise Psychology menemukan bahwa, rutin berolahraga juga bisa membuat orang lebih bahagia. Para ilmuwan dari Penn State University, Amerika Serikat menunjukkan bahwa semakin sering seseorang melakukan kegiatan fisik seperti olahraga atau fitnes, semakin besar juga rasa senang dan optimisme yang mereka dapatkan dibandingkan dengan mereka yang jarang/tidak pernah olahraga.

Mereka juga menemukan, orang yang lebih aktif secara fisik perasaan senangnya pun lebih aktif ketimbang orang yang hanya suka berdiam diri di kantor atau rumah untuk menghabiskan waktu luangnya. Selain itu, orang lebih bahagia di hari saat mereka berolahraga dibandingkan ketika mereka tidak olahraga.

Apapun jenis olahraganya, tidak masalah selama dilakukan dengan cara atau gerakan yang benar. Tapi bagi para pemula, ada beberapa jenis olahraga yang paling efektif meningkatkan mood bahagia dan bisa dilakukan di manapun. Seperti disebutkan dalam www.shape.com, berikut jenis olahraga yang bisa menjauhkanmu dari perasaan stres dan galau. Yuk, simak.

  • Olahraga Air. Jika kamu mengalami stres dan merasa lelah setelah seharian bekerja atau merasa gelisah, berenang akan membuatmu lebih tenang, seiring tubuhmu meluncur di dalam air. Efek bahagia karena berenang bisa lebih besar jika kamu mengajak teman-teman atau keluarga berenang bersama.
  • Olahraga Outdoor. Olahraga outdoor yang memacu adrenalin, ternyata sangat cocok untuk menghilangkan stres. Kamu bisa meluapkan kemarahan, kekesalan dan pikiran-pikiran yang mengganggu dengan berteriak sepuasnya saat melakukan olahraga ini. Cobalah melakukan olahraga outdoor yang menantang seperti bungee jumping, parasailing, surfing, arung jeram, naik gunung atau panjat tebing.
  • Berjalan Kaki di Tempat Terbuka. Berjalan membuatmu bersentuhan dengan alam, sekaligus memberi waktu yang tenang untuk merasakan kedamaian. Jalan sehat secara rutin, setiap pagi atau sore hari juga akan membantu menjernihkan pikiran dan membuat pikiran rileks, sehingga moodmu akan menjadi lebih baik. Sambil berjalan, putar musik dari MP3 player atau iPod, biarkan pikiranmu tenang dan hiruplah napas dalam-dalam.
  • Lompat Tali. Lompat tali bisa jadi alternatif olahraga menyenangkan yang efektif membakar kalori dan bermanfaat bagi kebugaran tubuh. Gerakan yang intens akan melepaskan endorphin, hormon yang memberikan perasaan senang.


Nah, itulah beberapa olahraga yang sangat bermanfaat untuk menjaga pikiran terbebas dari stres. Selain baik untuk kesehatan mental, olahraga-olahraga ini tentunya juga sangat baik untuk kesehatan tubuhmu. Jadi, jangan segan lagi untuk mulai rutin melakukan olahraga-olahraga ini sejak sekarang ya, Ladies.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading