Sukses

Beauty

Kamu Gendutan! Ini Alasan Berat Badan Naik Saat Kamu Menstruasi

Saat kamu akan menstruasi, kamu mungkin akan mengalami banyak hal, seperti misalnya suka kesal sendiri, suka sedih tiba-tiba, sensitif, gampang tersinggung, badan sakit semua, dan lain sebagainya.

 

Bukan hanya emosi yang tak stabil saja, ternyata saat menjelang dan selama menstruasi, kamu juga jadi tambah gendut lho. Seperti dikatakan Raquel Dardik, M.D., ginekologis asal  NYU Langone Medical Center, bahwa kenaikan berat badan bisa terjadi 5 hari sebelum menstruasi datang.

Tapi tak usah khawatir, karena berat badan akan kembali ke angka semula setelah menstruasi selesai. Hal ini dipengaruhi oleh berat air dalam tubuh yang meningkat.  Kenaikan berat badan pre-menstruasi ini bisa bervariasi, bisa mengalami kenaikan 1/2 kg hingga 5 kg.

Mengapa bisa begitu? Tidak lain karena pengaruh hormon progesteron. Ketika kamu gagal mengandung, maka hormon ini pun akan luruh bersama dengan darah menstruasi, dan karena hal inilah efeknya terjadi pada sel tubuh yang menahan air untuk dikeluarkan dari tubuh.

Seringkali efek ini juga menimbulkan efek lainnya, seperti misalnya perut kembung,  banyaknya gas di perut bisa membuatmu lebih sering kentut. Ditambah lagi, saat seperti ini, kamu justru akan lebih menginginkan makan makanan yang membuatmu gemuk dalam arti sebenarnya.

Jadi untuk menghindari bertambahnya berat badan setelah menstruasi, yang perlu kamu lakukan adalah tetap menjaga pola makan, minum air yang cukup, hindari soda dan hindari makanan asin dan berlemak. Jadi jangan heran jika kemudian kamu menimbang badan dan menemukan berat tubuhmu jadi naik saat minggu-minggu menstruasi.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading