Sukses

Beauty

Terbiasa Menyikat Gigi Langsung Setelah Makan Ternyata Tak Baik

Menyikat gigi setelah makan memang seringkali kita lakukan, terutama setelah mengonsumsi makanan yang meninggalkan bau tak sedap pada mulut, seperti jengkol, acar bawang, ataupun petai.

Meski terlihat baik, nyatanya kebiasaan ini membawa negatif bagi kesehatan mulut kita lho, Ladies. Sebab, menyikat gigi setelah makan atau minum sesuatu, terutama yang bersifat acidic (asam) seperti minuman bergula, buah atau jus citrus bisa mengganggu kesehatan mulut.

"Buah-buahan terutama jeruk atau jus lemon, cuka, minuman berenergi dan soda memiliki tingkat keasaman tinggi dan itu bisa membuat enamel gigi jadi lunak," terang Dr. Peter Alldritt, direktur Komite Kesehatan Mulut Australian Dental Association, seperti dikutip dari laman www.abc.net.au.

Selain itu, Dokter Peter pun menambahkan bahwa jika Anda langsung menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan atau minuman acidic, enamel yang sebelumnya sudah menjadi lunak tersebut akan bertambah rusak. Akibatnya gigi lebih cepat keropos, berlubang atau terasa ngilu. Jadi, untuk menghindari hal ini terjadi, Dokter Peter menyarankan untuk menunggu setidaknya 30 menit setelah makan jika ingin menyikat gigi.

Kenapa 30 menit? Sebab, dalam 30 menit mulut akan memiliki waktu untuk memproduksi air liur yang akan menetralisir keasaman tersebut. Air liur atau saliva ini juga membantu menguatkan gigi dan menyerap kalsium lebih banyak, serta berperan sebagai lapisan pelindung gigi.

Tak hanya itu, saliva pun mengandung enzim yang bisa menetralkan zat asam dan mengembalikan pH mulut ke keadaan normal atau netral.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading