Sukses

Beauty

Barley, Sereal Terbaik Pencegah Diabetes Yang Harus Kamu Coba

Ladies, penyakit diabetes telah lama menjadi salah satu penyakit berbahaya. Meski progress penyakitnya tak terlihat jelas, diabetes menyebabkan berbagai komplikasi serius pada kesehatan. Sebut saja gagal ginjal, jantung dan stroke.

Penyakit diabetes erat kaitannya dengan tingkat gula darah yang tinggi. Dilansir oleh thehealthsite.com, The Lund University menemukan rahasia mencegah penyakit diabetes yang ternyata cukup sederhana, yaitu dengan konsumsi jelai atau populer disebut barley. Barley adalah sejenis serealia (biji-bijian) yang menekan nafsu makan serta resiko gangguan kardiovaskular.

Penelitian dilakukan terhadap partisipan yang paruh baya yang menjalani hidup sehat. Selama 3 hari, mereka hanya diperbolehkan mengkonsumsi roti yang terbuat dari barley. 11-14 jam setelah makan terakhir, partisipan menjalani pemeriksaan untuk melihat indikator diabetes dan risiko kardiovaskularnya.

Mengejutkan, ternyata gut hormones dalam tubuh partisipan meningkat sehingga nafsu makan lebih kecil dan metabolisme lebih lancar. Terlihat juga adanya peningkatan pada hormon yang membantu mengurangi radang kronis pada tubuh. Hormon-hormon ini berfungsi untuk mencegah meningkatkan gula darah dalam tubuh.

Untuk mengatur gula darah yang sehat dalam tubuh, peneliti menyarankan untuk memilih jenis roti yang kaya akan biji-bijian ketimbang bahan tepung, menambahkan barley ke dalam sup atau tumisan, mengganti nasi putih dengan barley, memperbanyak asupan kacang-kacangan dan biji-bijian karena seluruh bahan ini baik untuk asupan serat diet yang diperlukan tubuh. Meski mungkin pada awalnya terasa aneh hanya mengkonsumsi biji-bijian seperti barley, tetapi jika dilakukan minimal 21 hari, kamu akan mulai terbiasa dengan rasanya. Bagaimana, apakah tertarik mengganti asupan kalorimu dengan barley, Ladies?

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading