Sukses

Beauty

Yuk, Hidup Bersih & Sehat Agar Kuman & Virus Bye-Bye dari Rumah

Ladies, Anda mungkin sering bertanya-tanya, ‘Rumah sudah terlihat bersih, tapi kenapa keluarga masih sering sakit ya?’ Nah, seperti dikatakan oleh Praktisi Kesehatan, dr. Stella Margaretha, itu semua boleh jadi disebabkan karena kuman dan virus yang dijumpai di luar rumah, terbawa dan berkembang biak di dalam rumah dan menjadi sumber penyakit bagi keluarga tercinta.

Foto dok. Vemale.com

"Kuman merupakan keluarga besar yang terdiri dari jamur, parasit dan virus. Kuman ada di seluruh tempat, bahkan di badan kita, dari rambut sampai ujung kuku ada kuman. Jadi, ketika kita beraktivitas di luar rumah, maka secara otomatis kita pun membawa kuman ke dalam rumah, menambah lagi jumlah kuman di dalam rumah," ucap Stella dalam acara talk show S.O.S di Jakarta Pusat, Rabu, 3 Februari 2016.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa, kuman dan virus adalah organisme mikroskopis yang bisa menyebabkan penyakit dan infeksi jika mereka masuk ke dalam tubuh. "Kuman dan virus itu dapat menyebar dengan mudah melalui tangan manusia, udara, debu, serta cairan yang dikeluarkan melalui mulut dan hidung ketika kita bicara dan bersin," tambahnya.

Penyakit yang disebabkan oleh kuman dan virus yang biasanya paling sering menyerang anggota keluarga, terutama anak, yaitu diare, radang saluran pernapasan dan tenggorokan, paratifus, penyakit kulit dan tifus.

"Anak-anak sering bermain di lantai rumah, selain itu, mereka yang masih berusia batita juga kerap memasukkan tangannya ke dalam mulut, nah, jadi nggak heran jika mereka mudah terkena penyakit akibat kuman dan virus yang terbawa dari luar rumah maupun yang dibawa oleh serangga pembawa penyakit seperti kecoa, semut, lalat,"  tutur  dr. Stella.

Menurut dr. Stella, karena kuman dan virus kebanyakan berasal dari tangan, oleh karena itu, kita harus menanamkan hidup bersih dan sehat dengan cara selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas. Cara mencuci tangannya pun harus dengan cara yang benar, yakni cuci tangan selama 20 detik, menggunakan air yang mengalir, pakai sabun anti bakteri. Selain itu, jangan lupa, mandi minimal dua kali sehari.

So, Ladies, pastikan Anda dan keluarga senantiasa menerapkan kebiasaan cuci tangan setiap hari ya!

(vem/yun/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading