KAPANLAGI NETWORK
MORE

Faktor Keturunan Bisa Meningkatkan Risiko Kanker Payudara, Benarkah?

Senin, 01 Februari 2016 12:46 Penulis: Rohmitriasih
Photo: Copyright Thinkstockphotos.com

Vemale.com - Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang paling ditakuti saat ini. Pada dasarnya, kanker bisa menyerang siapa saja baik di usia yang masih sangat muda atau di usia tua. Yang lebih mengerikan, kanker bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia, sosial, budaya, pendidikan atau status ekonomi. Kanker sendiri adalah salah satu penyakit yang keberadaannya tidak bisa dideteksi dengan mudah. Untuk itulah, kanker adalah salah satu penyakit yang sangat ditakuti.

Dan untuk wanita, kanker yang paling banyak menyerang adalah kanker payudara serta kanker serviks. So, sebagai wanita, kita harus selalu hati-hati dan menjaga pola hidup dengan baik ya? Apalagi, jika telah mencapai usia 40 tahun. Dari beberapa penelitian, kanker khususnya kanker payudara dan serviks atau ovarium akan menyerang seorang wanita dengan usia di atas 40 tahun.

Dikutip dari laman breastcancer.org, untuk kanker payudara sendiri akan disebabkan oleh pola hidup yang tak sehat, konsumsi kafein atau alkohol berlebihan, merokok, stres berat, kurangnya olahraga, kurangnya menjaga kebersihan payudara atau penggunaan deodorant berlebihan. Terlepas dari itu semua, beberapa ahli menyebutkan jika kanker payudara juga identik dengan faktor keturunan atau faktor genetik.

Wanita yang memiliki nenek, ibu dan saudara perempuan sekandung yang menderita kanker payudara dikatakan berisiko 5 sampai 10 persen lebih besar menderita kanker payudara. Tak itu saja, mereka yang memiliki riwayat keluarga menderita kanker, juga sangat rentan berisiko menderita kanker sejenis atau kanker lain di hidupnya. Mutasi gen BRCA-1 dan BRCA-2 adalah salah satu gen yang membawa sel kanker ke tubuh seseorang melalui faktor genetik atau keturunan.

Meski begitu, kita tak perlu terlalu khawatir atau takut Ladies. Beberapa ahli lain mengungkapkan bahwa kanker bukan penyakit yang bisa menular atau menurun dengan mudahnya. Gaya hidup yang sehat, pola makan yang sehat dan konsumsi sayur serta buah dalam jumlah cukup atau bahkan lebih setidaknya akan bantu kita terhindar dari risiko kanker.

Sebenarnya, kanker merupakan penyakit yang bisa dicegah. Selama kita mau menerapkan pola hidup sehat dengan teratur dan memeriksakan diri sejak dini saat ada saudara dekat yang menderita kanker, kita pun bisa melakukan pencegahan pertumbuhan sel kanker yang sama atau mendeteksi keberadaan kanker sejak dini. Ladies, semoga kita semua dijauhkan dari berbagai penyakit berbahaya dan mematikan seperti kanker. Pastikan untuk selalu memiliki pola hidup sehat ya? Semoga informasi ini bermanfaat.



(vem/mim)
KOMENTAR PEMBACA
REKOMENDASI PILIHAN
Video Skrin.id : Pernikahan Ideal di Mata Raline Shah Itu Seperti Apa Sih?
PRODUK REKOMENDASI