KAPANLAGI NETWORK
MORE

Waspada Ladies, Makanan Manis Ternyata Meningkatkan Risiko Kanker Payudara

Rabu, 06 Januari 2016 18:01 Penulis: Rohmitriasih
Photo: Copyright Thinkstockphotos.com

Vemale.com - Kanker payudara merupakan salah satu penyakit paling mematikan untuk wanita. Yang lebih parah dan menyedihkan lagi, ternyata banyak penderita kanker payudara yang tidak menyadari bahwa ia menderita kanker. Sadar-sadar, kanker tersebut sudah berada di stadium akhir. Karena hal inilah, tidak sedikit wanita yang kehilangan nyawa akibat kanker payudara.

Pada dasarnya, ada banyak hal yang bisa memicu risiko kanker payudara pada diri seseorang. Yang lebih sering, penyebab tersebut adalah pola makan dan pola hidup yang salah. Tapi nih ya, dikutip dari laman medicaldaily.com, penelitian terbaru yang dilakukan di University of Texas MD Anderson Cancer Center menemukan jika makanan manis adalah penyebab utama dari kanker payudara. Tak hanya meningkatkan risiko diabetes, makanan manis ternyata juga bisa meningkatkan risiko kanker payudara.

Photo: Copyright Thinkstockphotos.com

Para peneliti menemukan jika asupan gula yang tinggi bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Kenapa hal ini terjadi? Peneliti menyebutkan jika kandungan glukosa dalam gula mampu meningkatkan perkembangan sel kanker dalam tubuh khususnya di area payudara. Dr Peiying Yang seorang asisten profesor paliatif, rehabilitasi dan kedokteran integratif mengungkapkan jika kadar glukosa yang berlebih dan mengandung zat tertentu yang disebut dengan 12-LOX (12 lipoxygenase) bisa meningkatkan risiko kanker. Hal ini sesuai dengan penelitian yang pernah dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya.

Study yang dilakukan oleh para peneliti sebelumnya menemukan peran gula khususnya glukosa sangat berpengaruh pada perkembangan kanker payudara dan beberapa kanker lain di tubuh seperti kanker usus. Melanjutkan study tersebut, para peneliti kemudian menemukan bahwa tikus dengan kadar sukrosa dan glukosa tinggi memiliki risiko kanker payudara dan pertumbuhan tumor yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tikus yang tidak mengonsumsi gula.

Para peneliti menduga jika konsumsi banyak gula bisa meningkatkan glukosa, sukrosa dan ekspresi 12-LOX juga 12-HETE (asam lemak terkait) di mana hal ini akan berpengaruh besar terhadap perkembangan sel kanker dalam tubuh. Tapi jangan salah, zat lain dalam gula yang juga berperan besar meningkatkan risiko kanker payudara adalah zat fruktosa. Fruktosa sendiri merupakan jenis gula yang biasa ditemukan di gula yang sering kita konsumsi sehari-hari. Gula yang mengandung fruktosa tertinggi disebutkan banyak terdapat pada sirup jagung.

Nah Ladies, agar kita bisa terhindar dari segala risiko penyakit mematikan khususnya kanker payudara, sangat disarankan untuk kita semua agar menerapkan pola hidup sehat. Konsumsi gula, garam dan perasa lainnya sesuai kebutuhan tubuh. Akan sangat baik jika kita mengganti perasa makanan seperti gula dan garam dengan perasa alami dari sayur juga buah. Semoga informasi ini bermanfaat.



(vem/mim)
KOMENTAR PEMBACA
REKOMENDASI PILIHAN
Video Skrin.id : Bungkus Kue Cantik dari Bahan Sederhana
PRODUK REKOMENDASI