KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

4 Pekerjaan Rumah Tangga Sederhana Yang Efektif Membakar Kalori

Senin, 14 Desember 2015 15:18 Penulis: Winda Carmelita
Foto: copyright thinkstockphotos.com

Vemale.com - Ladies, tahukah kamu, U.S Surgeon General merekomendasikan aktivitas yang mengharuskan tubuh bergerak selama 30 menit per hari, setidaknya 5 hari per minggu untuk menjaga kesehatan? Penelitian yang dilansir oleh weightwatchers.com ini ternyata juga memasukkan kegiatan bersih-bersih rumah sebagai aktivitas fisik yang direkomendasikan lho.

Percaya atau tidak, membersihkan rumah, menyapu, mencuci baju dan mengepel yang merupakan kegiatan rutin setiap hari, berpotensi lebih menyehatkan daripada olahraga olah tubuh seperti senam. Alasannya karena pekerjaan rumah-pekerjaan rumah tersebut dilakukan dalam intensitas sedang yang sering daripada olahraga di pusat kebugaran yang memang terencana dan cenderung dilakukan dalam jangka waktu tertentu saja.

Lalu, aktivitas fisik apa saja sih yang bisa kamu lakukan sembari mengerjakan pekerjaan rumah tangga? Ini beberapa tips yang bisa kamu contek:

  1. Jangan menunggu air mendidih atau makanan dipanaskan sambil menganggur. Lakukan squat atau push-up di lantai atau tembok. Kamu juga bisa latihan jalan di tempat. Terdengar lucu sih, tapi kamu akan merasakan manfaatnya kemudian.
  2. Potong-potong sayuran dan uleg bumbu secara manual ketimbang menggunakan alat. Kamu juga bisa memperkuat otot lengan saat mengocok whipped cream atau telur dengan kocokan manual, bukan menggunakan mixer.
  3. Ganti dumbbellmu dengan mengangkat ember cucian naik-turun saat menjemur atau saat menata kaleng-kaleng makanan di lemari penyimpanan. Kegiatan ini akan menguatkan lengan dan otot pundakmu.
  4. Pasang lagu-lagu yang bersemangat saat mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Ini akan membuatmu lebih bersemangat dan cekatan menyapu dan mengepel lho.

Jika kamu melakukan hal-hal ini secara rutin, bukan mustahil kamu akan mendapatkan tubuh yang ideal tanpa perlu susah-susah ke pusat kebugaran. Punya ide lain yang bisa menggantikan olahraga di pusat kebugaran dengan aktivitas rumahan, Ladies? Bagikan idemu di kolom komentar berikut ini.

(vem/wnd)
KOMENTAR PEMBACA