1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Kisah Irma: Berat Turun 22 Kg, Hasil Terbaik Memang Tidak Instan

Senin, 07 Desember 2015 15:49 Penulis: Wenny Sri Widowati
Foto: dok. Irma Santoso

Vemale.com - Prosesnya memang tidak cepat, dan ini tergantung dengan metabolisme dari masing-masing orang juga. Ada yang membutuhkan waktu kurang dari 1 bulan, baru bisa melihat perubahan drastis di angka timbangan, ada yang butuh 1 bulan, ada yang butuh 2 bulan. Saya sendiri tidak pernah benar-benar menghitung berapa lama, tapi pastinya disaat kita sudah mencapai massa otot optimal, penurunan massa lemak kita itu terasa dengan sangat cepat. Saya ingat betul pada salah satu prosesnya, dalam 1 minggu berat saya bisa turun sampai 2 kilogram. Dengan cara yang sehat tentunya.

Apalagi untuk kita yang mempunyai berat badan yang berlebihan, proses penurunan berat badan itu cenderung sangat cepat di awal. Mungkin sebentar saja tidak terasa kita sudah kehilangan 10 kilogram berat badan kita, atau 20 kilogram. Tubuh kita itu sangat pintar dan bisa menyesuaikan diri dengan sangat cepat. Ketika kita sekian waktu dikondisikan dengan memakan makanan dalam porsi yang lebih sedikit dan berolahraga, pada bulan pertama mungkin efeknya drastis. Tapi setelah bulan ketiga atau keempat, efeknya tak lagi sama, karena tubuh kita juga menyesuaikan pembakaran sesuai asupan yang kita masukkan.

Itulah kenapa misalnya saudara-saudara kita yang masih kekurangan, tubuh mereka mungkin kurus, tapi mereka tetap bisa survive walaupun hanya makan 1 hari sekali, atau beberapa hari tidak makan. Karena tubuh mereka sudah menyesuaikan dengan keadaan yang ada cukup lama, dan untuk itu tubuh beradaptasi supaya kita bisa tetap survive pada keadaan apapun. Disaat itu terjadi, ketika kita mengalami stuck dengan berat badan kita, yang harus kita lakukan adalah jangan menyerah, teruslah berusaha, lakukan variasi dengan latihan dan makanan yang kita konsumsi, untuk memberikan efek shock pada tubuh, sehingga dia tidak memiliki cukup banyak waktu untuk beradaptasi.

KOMENTAR PEMBACA
#ImpersonAct - Syahrini